Apa Penyebab Sering Mengantuk

Penyebab Sering Mengantuk. Mengapa sering mengantuk, apa penyebab terbesar terjadinya ngantuk? Disaat lagi tengah beraktivitas kadang kita sering kali merasa ngantuk berat, bahkan saking beratnya kantuk tidak terasa kita tertidur di waktu aktivitas sedang berlangsung.

Rasa kantuk bisa saja datang setiap saat dan bukan hanya sebagai sinyal dimalam hari bahwa seseorang ingin segera tidur. Banyak sekali faktor yang memicu seseorang menjadi mengantuk dan yang lebih umum terjadi ketika tubuh benar-benar kurang tidur atau kecapekan atau kemungkinan adanya pemicu lain yang bisa mengakibatkan tubuh menjadi letih, lemah dan lesu sehingga tubuh gampang terserang yang namanya kantuk ini.

Dalam kondisi tertentu pula seseorang bisa mengalami sering mengantuk hal ini disebabkan karena adanya kelainan pada tubuh seseorang misalnya saja bawaan orang yang terkena darah rendah dipagi hari cenderung merasa mengantuk, atau mungkin karena sebab lain, sering begadang, ada suatu masalah dan faktor pemicu lain.

Nah untuk lebih jelasnya marilah kita simak berikut apa saja sebenarnya pemicu sehingga seseorang kerap mengalami “sindrom” ini :

1. Anemia ( kurang darah )
Anemia adalah pemicu utama rasa kantuk yang kerap sekali datangnya. Kekurangan darah mengakibatkan kurangnya zat besi, sel darah merah yang dibutuhkan untuk membawa oksigen ke jaringan serta organ tubuh lalu menyusut, hingga mengakibatkan orang kerap jadi ngantuk, malas, lemah letih dan lesu.

2. Hipotiroid ( berkurangnya produksi hormon tiroid )
Tiroid yaitu kelenjar kecil di bagian dasar leher, yang berperan mengontrol metabolisme serta kecepatan merubah bahan bakar jadi energi. Saat kelenjar kurang aktif serta manfaat metabolisme terlampau lambat, maka akan terjadi badan terasa lesu serta senantiasa mengantuk.

3. Diabetes
Glukosa ymerupakan bahan bakar dari sebuahenergi yang dilepaskan dalam beberapa sel dikarenakan ada oksigen. Orang dengan yang mempunyai penyakit diabetes tipe-2 mempunyai tingkat glukosa darah yang tinggi, sebab tubuh tidak mampu menggunakan glukosa ini untuk sediakan kekuatan atau energi. Oleh sebab itu, seseorang dengan diabetes tipe-2 sering kali mengeluh menjadi capek serta mengantuk sepanjang hari.

4. Dehidrasi
Kelelahan serta kantuk bisa saja terjadi karena adanya sinyal dehidrasi. Solusinya adalah secepat mungkin mencukupi keperluan air didalam tubuh supaya senantiasa menjadi fresh serta bersemangat.

5. Depresi
Depresi tidak cuman masalah emosi namun juga banyak berkontribusi sebagi tanda-tanda fisik. Kelelahan, senantiasa terasa mengantuk, sakit kepala serta kehilangan nafsu makan merupakan di antara tanda-tanda yang sangat umum pada orang yang kerap mengalami depresi.

6. Masalah atau gangguan tidur
Masalah tidur seperti sleep apnea serta insomnia juga bisa membuat perasaan menjadi kelelahan dan sering kantuk terus-menerus. Tidur difungsikan untuk mengembalikan afar tubuh menjadi sehat kembali, beberapa sel tubuh melakukan perbaikan serta meremajakan diri. Pada orang yang menderita kurang tidur gara-gara insomnia, sleep apnea, maka sistem pernapasan dapat terhalang hingga kerap mengakibatkan kelelahan serta kantuk.

7. Penyakit jantung
Dikala mudah merasa capek juga mengantuk saat melakukan aktivitas sehari-hari, ada baiknya anda mesti meyakinkan bahwa jantung Anda dalam kondisi baik, dikarenakan dengan seringnya tubuh menjadi mengantuk mungkin saja awal tandanya penyakit jantung.

8. Sindrom kelelahan kronis
Kondisi capek dan lelah umumnya segera hilang ketika dibawa istirahat. Namun untuk sindrom kelelahan kronis ( chronic fatigue syndrome ), capek tidak cepat hilang dan umumnya ditandai dengan kelesuan, mengantuk, lekas marah, nyeri otot serta didalam beberapa masalah akan terjadi hilangnya memori.

Tidak ada salahnya apabila Anda kedapatan sering mengalami katuk untuk mewaspadai demi menjaga kesehatan dan sesegera mungkin mencari solusi supaya kondisi yang demikian tidak berlangsung sehingga akan tercipta suasana yang cool ditengah berlangsungnya aktivias rutin dengan begitu semua bisa dijalankan dengan kondisi yang normal. Semoga bermanfaat sedikit tulisan tentang apa sebenarnya pemicu atau penyebab sering mengantuk.