Cara Cepat Mengatasi Masuk Angin

Cara Mengatasi Masuk Angin ! Anda sering mengalami mual, perut kembung, kepala pusing, keluar keringat dingin, selalu merasa kedinginan terutama pada bagian ujung kaki dan tangan ? hati-hati itu semua merupakan indikasi bahwa anda tengah mengalami gejala masuk angin. Nah apa sebenarnya masuk angin itu ?

Masuk angin dalam bahasa kerenya disebut catching cold, merupakan suatu penyakit yang diakibatkan karena berkumpulnya suatu gas yang tidak merata dalam tubuh seseorang. Masuk angin biasanya dialami seseorang dan terjadi didaerah yang cukup dingin, seperti pegunungan, perbukitan, tepi pantai yang terdapat banyak hembusan angin, karena naik pesawat, perahu, bus, sepeda motor juga bisa masuk angin yang lebih familiar disebut mabuk kendaraan.

Apa Penyebab Masuk Angin ?
Seperti halnya penyebab sakit maag, sering masuk angin juga merupakan awal atau pertanda gejala sakit maag (baca Cara Mengatasi Sakit Maag). Penyebab masuk angin adalah kurang tidur, stress dan sibuk yang menyebabkan sering menunda waktu makan, perubahan cuaca ektrim dari cuaca panas ke cuaca dingin, capek, bahkan terlalu banyak ketawa juga bisa menyebabkan masuk angin.

Lalu apa gejala-gejala masuk angin ?
Nah apabila mengalami atau merasakan hal-hal berikut di indikasikan bahwa anda menderita masuk angin seperti :

1. Mual dan muntah.
2. Meriang.
3. Kepala terasa pusing.
4. Berkeringat dingin.
5. Perut kembung
6. Selalu merasa kedinginan.
7. Mudah lelah.
8. Sering mengantuk.
9. Sering cegukan.
10. Nafsu makan hilang.

Tips mengatasi masuk angin.
Untuk mencegah terjadinya masuk angin sebaiknya hindari hal-hal yang menjadi pemicu diatas, yang terpenting hindari stress dan kesibukan yang banyak menyita waktu sehingga selalu terlambat dari jadwal waktu makan, atur waktu sebaik mungkin. Hindari minum kopi sebab kopi membuat perut terasa penuh dan akan menghilangkan selera nafsu makan, jika kebanyakan minum kopi bersiap-siaplah menderita perut kembung yang bisa memicu terjadinya masuk angin dan sakit maag. Sering masuk angin biasanya juga kerap dialami bagi penderita darah rendah, walaupun perbedaan kekebalan tubuh setiap penderita darah rendah cenderung berbeda namun penderita darah rendah biasaya rentan terhadap cuaca dan udara dingin.

Cara Mengobati Masuk angin.
Untuk mengobati masuk angin banyak cara sebenarnya yang bisa dilalukan dalam mengusir masuk angin, dari jaman dahulu sampai sekarang masih banyak yang mengandalkan kerokan, juga minum softdrink yang bisa menyebabkan bersendawa akan tetapi cara seperti kerokan bisa menyebabkan kulit menjadi belang bahkan iritasi, sementara minum softdrink jika daya tahan tubuh lemah bisa berbahaya. Langkah aman mengobati masuk angin sebaiknya gunakan pengobatan yang benar-benar alami dengan ramuan herbal tradisional.

1. Ramuan Obat Masuk Angin A.
Bahan-bahan :
– 200 gram ubi merah dikupas dan di potong- potong
– 15 gram jahe merah atau jahe biasa
– 1 butir biji pala dimemarkan
– 5 butir cengkeh
– 10 butir kapulaga
– 1 ibu jari kayu manis
– 10 butir merica
– Gula merah secukupnya
Cara meramu : Semua bahan direbus dengan air secukupnya. Tunggu hingga airnya hangat lalu diminum dan ubinya dimakan. Minum secara teratur 2 kali sehari.

2. Ramuan Obat Masuk Angin B.
Bahan-bahan :
– 25 gram kencur
– 15 gram jahe
– 3 butir kapulaga
Cara meramu : Semua bahan direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc. Tunggu hingga air rebusannya hangat lalu diminum. Minum secara teratur 2 kali sehari.

3. Ramuan Obat Masuk Angin C.
Bahan-bahan :
– 80 gram daun lidah buaya
– 15 gram jahe
– 20 gram kencur
– 25 gram temu lawak
Cara meramu : Semua bahan direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc kemudian diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur 2 kali sehari.

4. Ramuan Obat Masuk Angin D.
Bahan-bahan :
– 30 gram lengkuas yang telah diiris-iris
– 20 gram jahe yang telah diiris-iris
– 2 batang serai, 10 butir cengkih
– 6 butir kapulaga
– Gula aren secukupnya
Cara meramu : Rebus semua bahan dalam 600 ml air bahan yang terdiri dari : Rebus hingga tersisa 300 ml, lalu saring. Minum hangat- hangat, 2 kali sehari.

5. Ramuan Obat Masuk Angin E.
Bahan-bahan :
– 25 gram lempu yang telah diiris- iris
– 25gram bangle
– 5 gram pala yang telah ditumbuk halus dan
– 1 sendok teh lada yang telah ditumbuk halus
Cara meramu : Semua bahan direbus dalam 600 cc air hingga tersisa 300 cc, minum hangat- hangat, 2 kali sehari.

6. Ramuan Obat Masuk Angin F.
Bahan-bahan :
– 5 buah cabai jawa
– 10 gram daun mint
– 10 gram kulit jeruk purut
– 25 gram temulawak
Cara meramu : Bahan-bahan direbus dengan 600 ml air, hingga tersisa 300 ml air lalu disaring, minum hangat- hangat, 2 kali sehari.

7. Ramuan Obat Masuk Angin G.
Bahan-bahan :
– Daun Jinten 5 lembar
– Air Panas setengah gelas
Cara meramu : Cuci bersih daun jinten, kemudian haluskan. Masukan (seduh ) daun jinten yang sudah halus tersebut pada setengah gelas air panas. Saring ramuan tersebut dan minum 1 kali sehari.

8. Ramuan Obat Masuk Angin H.
Bahan-bahan :
– Daun kayu putih kering 6-10 gram
– 2 gelas air
Cara meramu : Rebus daun kayu putih dalam 2 gelas air, hingga tersisa 1 gelas. setelah dingin, saring airnya dan minum 1 kali sehari.

Selain menggunakan ramuan diatas dalam mengobati masuk angin bisa anda lalukan menggunakan botol yang berisi air hangat. Caranya ambil botol literan atau botol sirup atau sejenis yang terbuat dari kaca jangan menggunakan botol plastik, isi botol dengan air hangat lalu tempelkan pada bagian sekitar perut dengan cara diputar-putar atau guling-gulingkan. Penderita masuk angin yang akan mengalami kesembuhan biasanya ditandai dengan keluarnya angin lewat anus atau bisa kentut, juga mengeluarkan angin melalui mulut dengan bersendawa, dan terkadang bisa juga ditandai dengan muntah yang hanya 1-2 kali saja dan bukan terus-menerus. Waspadai masuk angin dengan sesak nyeri dada sebelah kiri bisa berakibat fatal !!

Anak masuk angin, Mengatasi masuk angin pada bayi, cara mengatasi perut kembung, cara cara mengatasi masuk angin saat hamil, mengatasi masuk angin pada anak, masuk angin duduk, perut masuk angin, Cara Cepat Mengatasi Masuk Angin.