Cara Mengatasi Keputihan

Cara Alami Atasi Keputihan – Bagaimana cara mengatasi keputihan, apa penyebab keputihan pada wanita, apa gejala keputihan dan bagaimana cara penanggulangan keputihan serta mengobatinya ? Keputihan atau disebut juga pek tay merupakan suatu peradangan yang terjadi pada alat reproduksi wanita (vagina) penyebabnya adalah infeksi atau perubahan flora bakteri yang ada dalam vagina. Keputihan biasanya diawali dengan keluarnya cairan kental berbau tidak sedap, iritasi, rasa gatal bahkan bisa terjadi pendarahan pada organ kewanitaan.

Penyebab keputihan dan penanggulangannya pada wanita dan penyebab keputihan saat hamil.
Apa sebenarnya penyebab terjadinya pek tay atau keputihan tersebut ? Penyebab utama keputihan karena adanya bakteri, jamur Monilia atau Candidas, parasit dan virus yang menyerang pada sekitar alat kelamin wanita. Virus dan bakteri menyerang salah satunya dikarenakan kurang adanya kesadaran kebersihan didaerah sekitar alat kelamin yang menyebabkan adanya kelembaban sehingga mudah dan disukai oleh bakteri patogen.

Penggunaan obat-obatan seperti antibiotik yang berkepanjangan menyebabkan sistim imunitas pada wanita melemah serta tidak adanya keseimbangan hormon dalam tubuh akibat stress merupakan pemicu munculnya penyakit keputihan ini. Penggunaan celana dalam dan celana panjang yang terlalu ketat, mengakibatkan sirkulasi udara terhambat pada daerah sekitar kewanitaan sehingga mengakibatkan kelembaban, dengan demikian sangat rentan terhadap berkembang biakan bakteri dan virus. Sebaiknya gunakan pakaian dari bahan dasar katun.

Lantas bagaimana cara mencegah dan menanggulangi keputihan ?
Mencegah dan memyembuhkan keputihan sebenarnya sangat mudah, terkecuali keputihan yang disebabkan oleh adanya faktor penyakit seperti diabetes dan lainya.

Nah berikut tips atau cara menyembuhkan keputihan pada wanita dan remaja yang perlu anda perhatikan :

- Secara rutin menjaga dan membersihkan selalu organ intim kewanitaan, bersihakan menggunakan pembersih yang tidak menyebabkan gangguan kestabilan pH pada daerah alat kelamin. Ingat penggunaan sabun antiseptik kurang baik bagi alat kelamin dalam jangka panjang, karena bersifat sangat keras.

– Sebaiknya cebok dan membilas vagina dari arah depan ke belakang untuk menghindari masuknya kuman dari anus.

– Hendaknya menghindari penggunakan bedak bertujuan membuat alat kelamin harum atau kering. Karena bedak sangat kecil dan halus, hal ini sangat mudah terselip dan tidak dapat terbersihkan, sehingga mengundang datangnya jamur pada alat kelamin.

– Sebaiknya keringkan selalu alat kelamin anda setelah selesai mandi, cebok atau mencui alat kelamin sebelum menggunakan pakaian.

– Usahakan pakaian dalam selalu kering. Bawa cadangan pakaian dalam atau celana dalam guna berjaga-jaga jika celana dalam anda perlu diganti.

– Gunakan celana luar yang memiliki pori-pori cukup, jangan terlalu seirng menggunakan celana luar yang ketat, hal ini dapat menyebabkan sirkluasi di daerah kewanitaan terganggu.

– Gunakan celana dalam dari bahan katun, karena bahan katun mampu menyerap keringat.

– Saat periode menstruasi berlangsung, seringlah anda mengganti pembalut.

– Panty liner digunakan saat dirasa perlu saja, janga digunakan terlalu lama.

– Jika anda mengalami stress, sebaiknya ambil waktu libur atau cuti anda, rileks kan pikiran anda sejenak. Karena stress juga dapat memacu keputihan.

– Kurangi aktifitas yang membuat anda sangat letih, kepanasan dan banyak mengeluarkan keringat, atau jika sudah melakukan aktivitas tersebut, segera mandi dan bersihkan tubuh anda khususnya daerah kemaluan.

Apa saja jenis makanan penyebab keputihan ?
Apabila anda saat ini sedang menderita keputihan sebaiknya menghindari jenis makanan yang berpotensi memicu timbulnya keputihan dan pilih makanan yang aman terhadap pek tay.

- Hindari mengkonsumsi gula sebab gula bisa meningkatkan pertumbuhan ragi atau jamur. Jika mengingikan kandungan gula ini bisa didapat dari berbagai jenis buah yang memiliki kandungan glikemik tinggi seperti pisang, jagung manis, anggur.

– Sebagai penggantinya tingkatkan makanan seperti daging, ayam, kalkun, sayuran non-tepung, kacang-kacangan.

– Sebaiknya hindari makanan yang mengandung ragi, dalam hal ini termasuk juga makanan fermentasi seperti roti yang dibuat dengan ragi, keju, pasta tomat, jamur dan bir. Namun begitu belum ada pembatasan untuk jumlah makanan ragi ini.

– Jangan mengonsumsi jenis buah-buahan yang sudah dikeringkan, sebab buah yang dikeringkan mengandung kadar gula fruktosa yang tinggi. Jika ingin konsumsi buah sebaiknya pilih buah dengan kadar gula rendah seperti apel, jeruk, melon dan strawberry.

Nah salah satu cara untuk mencegah keputihan yang sangat efektif adalah dengan meningkatkan sistem kekebalan (imunitas) tubuh dengan selalu menjaga kondisi kesehatan dengan baik seperti berolah raga teratur dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang.

Lalu Bagaimana Cara Mengobati Keputihan ?
Berikut cara pengobatan keputihan (obat keputihan), dengan ramuan membuat tradisional alami untuk mengatasi keputihan.

Cara membuat ramuan Sediakan biji sawi, kemudian ambilah 1 sendok teh biji sawi, lalu cucilah sampai bersih. Setelah itu geruslah, dan seduhlah dengan ½ gelas air panas. Tambahkan 1 sendok madu. Aduk hingga rata. Minumlah disaat masih hangat, minum 2 kali sehari, aturan pakai setiap minum 3 sendok makan.

Mengobati keputihan secara alami bisa anda lakukan dengan mengkonsumsi bawang putih, sebab bawang putih merupakan antibiotik alami terbik dan diyakini memiliki kandungan anti jamur alami.
Selain bawang putih anda bisa mengkonsumsi susu atau yogurt, sebab fermentasi dari susu ini mengandung bakteri acidophilus yang membantu menjaga bakteri tetap seimbang dalam tubuh.

Demikian Cara Menyembuhkan Keputihan Secara Alami dan Ramuan Obat Menyembuhkan Keputihan yang bisa Superampuh.com persembahkan, semoga anda mendapatkan manfaat dari artikel Cara Mengatasi Keputihan.