Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan Dengan Mudah

Mengatasi Mabuk Perjalanan. Bagaimana cara mudah mengatasi mabuk di perjalanan ? tips apa saja yang harus kita lakukan ketika akan bepergian agar tidak terjadi mabuk ditengah perjalanan sehingga, perjalanan Anda menyenangkan dan tidak mudah lelah. Bagaimana mencegah mabuk perjalanan dan ramuan apa saja yang bisa mengatasinya ?

Mabuk darat, laut dan udara merupakan salah satu masalah yang kerap di alami oleh sebagian anak-anak dam wanita ketika melakukan perjalanan jauh, bukan hanya di dominasi anak-anak terkadang bapak-bapak pun juga tidak menutup kemungkinan mengalami mabuk tatkala kondisi tubuh mereka tidak vit, saat menempuh perjalan dengan menggunakan kendaraan baik mobil, angkutan umum atau pun kapal.

Mabuk juga bisa dikatakan masuk angin dalam perjalan, mengapa demikian sebab kondisi mabuk sama halnya ketika mengalami masuk angin baik dari gejala maupun kondisi setelah mengalami mabuk dalam perjalanan. Nah untuk masalah masuk angin, silakan merujuk pada artikel Cara Mengatasi Masuk Angin juga Obat Untuk Masuk Angin.

Dengan terjadinya mabuk maka perjalanan yang seharusnya meyenangkan akan berbalik tidak menyenangkan ditambah lagi kondisi tubuh yang lelah akan menambah beban penderitaan bagi yang sedang mengalaminya.

Lantas apa penyebab terjadinya mabuk perjalanan ?
Terjadinya mabuk di perjalanan pada umumnya disebabkan gerakan atau getaran yang terjadi saat naik kendaraan secara terus menerus. Jika naik kapal atau perahu biasanya gerakan tersebut di sebabkan oleh adanya gelombang laut tinggi. Nah gerakan tersebut mengakibatkan adanya pesan dari telinga tengan dan ‘pesan’ dari mata tidak selaras sehingga mengakibatkan terjadinya mabuk.

Kurangnya sirkulasi udara atau kadar oksigen dan banyaknya kadar karbon dioksida di dalam kendaraan, serta sistem suspensi kendaraan yang tidak nyaman dan jalanan yang tidak rata akan cepat memincu terjadinya mabuk.

Gejala dan tanda-tanda jika akan mengalami mabuk :
Terjadi perasaan tidak enak, terutama pada perut. Pusing, sakit kepala, mual, keluar keringat dingin, lalu muntah sehingga menyebabkan tubuh menjadi lemas. Hal ini disebabkan oleh terganggunya sistem keseimbangan tubuh, dimana komponen-komponen sistem tersebut yaitu sistem syaraf pusat ( otak ), bagian dalam telinga, mata dan jaringan terdalam permukaan tubuh ( Proprioceptors ), tidak bekerja secara sinkron.

Bagaimana Cara Mencegah Mabuk Perjalanan ?

Sebelum melakukan perjalanan sebaiknya berdoa untuk keselamatan dan ketenangan selama di perjalanan, serta pastikan tubuh dalam kondisi vit atau sehat.

Sebelum berangkat, jangan biarkan perut dalam keadaan kosong dan usahakan istirahat dan tidur lebih dari cukup.

Ketika naik kendaraan usahakan pandangan lurus ke depan.

Hindari duduk dekat dengan orang yang merokok, atau bau-bauan yang menyengat, seperti minyak wangi bau keringat dan lainya.

Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya kondisi perut tidak dalam keadaan kosong juga tidak kenyang. Hindari makan besar, memakan makanan berat yang butuh waktu lama dicerna, mengandung banyak lemak, pedas atau beraroma kuat, dan makanan yang mengandung banyak kuah seperti soto. Isilah perut dengan makanan yang relatif ringan seperti sedikit nasi dengan tempe atau tahu. Pada bagian perut di atas pusar sebaiknya di tempel salonpas, ini bukan promosi sebuah produk, tetapi banyak yang sudah membuktikan cara ini, ternyata efektif untuk mengatasi mabuk.

Usahakan minum obat anti mabuk, dua jam sebelum berangkat menyju perjalanan.

Ketika di dalam kendaraan, usahakan untuk tidak terlalu fokus dan sering menatap objek yang dekat misalnya menggunakan hp, atau sms-an dan juga hindari membaca majalah, sebaiknya sesekali melihat objek-objek jauh di luar kendaraan terutama pada pemandangan bagian depan kendaraan.

Pilihlah tempat duduk yang nyaman dan menghadap ke depan kendaraan, misalnya di dekat jendela yang terdapat sirkulasi udara atau di samping supir.

Menghisap permen jahe, mint atau permen jamu.

Pehatikan dan siapkan tubuh untuk mengikuti arah gerak kendaraan.

Jangan biarkan kendaraan tertutup, bukalah jendela secukupnya untuk mendapatkan sirkulasi udara.

Untuk kendaraan pribadi, berhenti dan beristirahatlah secara teratur setiap 4-5 jam perjalanan.

Tips Ketika Muntah :

1. Bila muntah, bersihkan mulut dari sisa muntahan dengan cara berkumur-kumur dengan air putih.

2. Minumlah sedikit air putih atau minuman berkarbonasi atau meminum larutan herbal (jahe-jahean) dan memakan sedikit kraker kering.

3. Bernafas secara teratur, melakukan pernafasan perut dengan cara menarik nafas dalam-dalam dan menggembungkan perut, lepaskan melalui mulut perlahan-lahan.

4. Mengoles minyak kayu putih di bagian leher dan sekitar dada dan bagian perut.

5. Apabila kondisinya agak mengkhawatirkan, terutama pada anak-anak ( 2-5 tahun ) seperti yang pernah dialami anak balita saya dengan ciri-ciri keringat dingin yang berlebihan, lemas, nyaris pingsan, sebaiknya hentikan dulu perjalanan, dan kalau perlu konsultasi dengan dokter.

Ramuan Tradisional mengatasi Mabuk Perjalanan

Ramuan 1
Sediakan : 15 g jahe,30 g mangga kering,1 sdm madu,1 sdt air jeruk nipis.
Cara Meramu :
Cuci bersih jahe dan mangga kering, rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu saring.Tambahkan madu dan air jeruk nipis, lalu minum selagi hangat, terutama sebelum melakukan perjalanan ( juga untuk mual-mual pada wanita hamil).

Ramuan 2
Sediakan : 25 g kencur, 1 sdt jinten hitam, 6 butir kapulaga, 10 butir cengkih,1 sdm madu.
Cara Meramu :
Rebus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu saring. Kemudian tambahkan madu, minum selagi hangat.

Ramuan 3
Sediakan : 30 g asam jawa, 25 g temulawak, 15 g jahe, 1 sdt ketumbar dan gula aren secukupnya.
Cara Meramu :
Cuci bersih semua bahan, rebus dengan 600 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu saring. Minum selagi hangat.

Ramuan 4
Sediakan : 1 buah pala, potong-potong, 1 sdm madu.
Cara Meramu :
Cuci bersih pala, lalu blender semua bahan dengan 150 cc air hangat. Minum airnya.

Ramuan 5
Sediakan : Buah pir secukupnya.
Cuci bersih buah pir, jus hingga terkumpul sarinya sekitar 200 cc. Minum sebelum perjalanan ( juga untuk mencegah mual dan muntah pada wanita hamil ).

Resep ramuan diatas sebaiknya pilih salah satu dan konsumsi sebelum Anda melakukan perjalanan. Semoga membawa manfaat dari yang telah kami sampaikan berkaitan cara mengatasi mabuk perjalanan.