Cara Mengatasi Sakit Maag

Cara Mengatasi Sakit Maag – Cara Mengobati Sakit Maag – Pernahkan anda merasa sering mual, sering masuk angin, kembung, perut terasa perih, jika anda kerap kali merasakan hal yang demikian hendaklah anda mulai waspada kemungkinan besar anda mengalami gejala maag. Banyak orang sering mengalami hal yang demikian namun pada kenyataanya hanya dibiarkan dan dianggap sebagi hal yang lumprah atau kemungkinan tdak mengetahui secara pasti gejala-gejala sakit maag itu sendiri.

Nah untuk itu Superampuh.com mengajak anda mengetahui gejala sakit maag dan cara mengatasinya, namun sebaiknya anda juga baca artikel sebelumnya bagaimana Cara Mengatasi Radang Usus Buntu.

Bagaimana Gejala Awal Sakit Maag ?
Apabila seseorang mengalami gejala maag maka ditandai dengan naiknya asam lambung secara berlebihan, sehingga kondisi perut akan terasa nyeri, perih, kembung dan sesak, pada bagian perut tepatnya pada ulu hati. Rasa nyeri akibat naiknya asam lambung ini jika dibiarkan dan tidak segera dilakukan tindakan pengobatan maka akan bisa mengarah pada lukanya lambung hingga penderita mengalami muntah asam bercampur darah.

Tanda-tanda yang lain yaitu nafsu makan menurun secara drastis, wajah pucat, suhu badan naik, keluar keringat dingin, dan sering bersedawa, terutama dalam keadaan lapar. Asam lambung merupakan cairan alami yang berjasa untuk melumat baha makanan yang masuk ke dalam perut. Asam tersebut akan berproduksi secara proposioanal guna mengimbangi bahan makanan yang hendak dilumatkan, seperti saripati bahan makanan ini dialirkan kepada organ tubuh yang membutuhkan, dan sisanya dialirkan ke usus besar untuk kemudian dibuang lewat saluran ekskresi (anus).

Telat makan adalah hal yang paling gampang ditengarai sebagai pemicu sakit maag. Namun dalam kehidupan yang penuh akan rime aktifitas kerja yan padat seolah makan tidaklah sebagai hal yang penting bisa jadi lupa dengan kesibukan yang semakin padat. hal ini penyumbang terbesar terhadap penyakit lambung ini.

Faktor penyebab lain yakni makan secara tidak teratur, mengonsumsi makanan yang terlalu asam, pedas dan berminyak, merokok dan terlalu banyak minum kopi atau alkhohol, stress yang berlebihan, obat-obatan yang dikonsumsi secara serampangan sehingga mudah mengiritasi lambung.

Bagaimana Langkah Efektif Mencegah Dan Mengobati Sakit Maag ?
Dari hal-hal diatas jelas sudah sebagai pemicu atau turut andil besar dalam merangsangnya proses asam lambung yang berlebihan lantas terjadilah sakit maag yang tentu sangat merepotkan. Nah solusi terbaik untuk mencegah timbulnya maag maka kita harus menerapkan pola makan yang berlawanan dengan hal-hal yang bisa memicu sakit maag, yakni makan teratur dalam jumlah yang tepat, berhenti merokok dan minuman alkohol, hindari minum kopi, hindari obat-obatan yang dapat mengiritasi lambung, hindari makanan pedas dan asam yang susah dicerna oleh lambung, hindari makanan yang mengandung gas seperti ubi dan nangka, hindari stres dengan cara melakukan olahraga yang teratur.

Apabila maag sudah menyerang anda solusi terbaik adalah dengan mengistirahatkan lambung lalu mengonsumsi makanan ramah terhadap lambung seperti : sereal. kentang rebus dan pisang, memperbanyak minum air putih atau teh hangat. Mengonsumsi madu adalah cara mengobati sakit maag.

Sakit maag juga bisa diobati dengan berpuasa (baca Mengobati sakit maag dengan berpuasa). Nah berikut ini ramuan herbal untuk mengobati sakit maag anda.

Bahan yang dibutuhkan :
- 1/2 gelas kacang hijau
- 2 siung bawang putih
- 5 potong temulawak

Cara membuat ramuan :
- Iris tipis-tipis bawang putih dan temulawak kemudian rebuslah semua bahan menggunakan 1 1/2 air gelas sampai tinggal 1/2 gelas.

Cara penggunaan :
Minum ramuan ini 2 kali sehari pagi dan sore secara rutin.

Mengobati sakit maag dengan bengkuang.
Caranya buah bengkuang diparut kemudian diperas airnya dan berikan sedikit garam. Diminum setelah sarapan pagi, Untuk sorenya membuat ramuan yang baru lagi.

Cara Mengatasi Sakit Maag