Cara Mengatasi Sembelit

Cara Mengatasi Sembelit. Anda sering sembelit ? Sembelit atau susah buang air besar juga disebut konstipasi. Sembelit atau konstipasi merupakan gangguan pada pergerakan saluran cerna bawah sehingga menimbulkan kesulitan dalam proses buang air besar atau frekuensi buang air besar yang berkurang, sedangkan pola buang air besar yang normal seharusnya secara rutin setiap hari.

Penyebab Sembelit.
Keberadaan sembelit memang sangat menyiksa. Sembelit bukan hamya sering dialami orang dewasa saja akan tetapi balita pun juga bisa terkena sembelit. Mengapa bisa terjadi sembelit (konstipasi) pada saluran cerna ? Nah dari frekuensi buang air besar yang tidak rutin setiap hari maka akan terjadi pengerasan dan penumpukan tinja yang berlebih (tinja padat) sehingga tertahan dalam pencernaan sehingga membuat perut menjadi mulas dan susah dalam proses pembuangannya.

Pemicu sembelit yang kerap terjadi disebabkan karena kekurangan cairan atau dehidrasi, kurang asupan serat dalam tubuh juga pola makan yang kurang sehat. Faktor penyebab lain adalah ketergantungan pada obat pencahar, stroke, dan masalah pada usus besar. Sering menahan buang air besar, terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan siap saji dan bersifat panas, mengkonsumsi minuman yang berkafein dan soft drink, pola makan dalam porsi yang terlalu banyak. Sering menkonsumsi makanan rendah vitamin dan mineral, kurang minum air putih, konsumsi daging yang berlebihan, minum kopi dan teh, juga kurang halus dalam mengunyah makanan sehingga bisa membuat masalah kerusakan pada usus yang mengakibatkan terjadinya sembelit.

Gejala Sembelit.
Gejala sembelit yang kerap kali terjadi pada umumnya penderita akan mengalami seperti sakit kepala atau pusing, depresi, luka pada mulut, insomnia, keasaman dan kehilangan nafsu makan.

Cara Atasi Sembelit.
Nah untuk mengatasi sembelit bisa anda lalukan dengan mengurangi konsumsi makanan yang sifatnya kering seperti kacang, keripik, dan biskuit, jika terpaksa harus mengkonsumsi perbanyak minum air putig setelah makan, makanan tersebut. Hentikan kebiasaan ngemil diantara jam makan, jika hal ini dilakukan maka akan terjadi penumpukan makanan dan akan menyebabkan sembelit. Kemudian kurangi makanan instan, sebab makanan instan atau makanan kemasan memiliki umur simpan tertentu dan biasanya mengandung pengawet yang tidak baik untuk kesehatan pencernaan, cegah dehidrasi, selalu rajin berolah raga jadi kunci utama mencegah sembelit adalah penerapan pola hidup sehat.

Obat Sembelit.
Cara mengobati sembelit sebenarnya sangat mudah akan tetapi belum banyak yang tahu kemudian lantas mencari jalan pintas dengan mengobati sembelit dengan obat-obatan yang banyak mengandung bahan kimia yang keberadaan mempunyai efek samping ketergantungan, seperti obat pencahar dan sejenis. Untuk lebih amannya sebaiknya memanfaatkan herbal sebagai solusi yang cerdas dalam mengobati sembelit. Buah pepaya matang bisa anda manfaatkan sebagi pertolongan pertama jika anda mengalami kasus sembelit, mengapa demikian sebab buah pepaya mengandung papain yang dapat melunakkan feses, sehingga akan menormalkan sistim saluran cerna.

Obat Herbal Penyakit Sembelit.
Cara pengobatan sembelit selain menggunakan buah pepaya juga bisa menggunakan buah pir, buah anggur, buah jeruk dan sayur bayam. Obat sembelit menggunakan ramuan herbal dari bahan-bahan alami juga bisa sebagai alternatif pilihan yang perlu dicoba. Berikut tanaman toga yang berfungsi sebagai penyembuh sembelit secara alami selengkapnya :

1. Lidah buaya
Khasiat lidah buaya mengobati sembelit memang sudah terbukti sebab dalam kandungan lidah buaya terdapat zat kandungan pencahar yaitu anthraquinone. Cara membuat ramuan : ambil separuh batang lidah buaya dicuci hingga bersih, buang kulitnya kemudian isinya lantas dicincang, seduh dengan setengah cangkir air panas, anda bisa juga menambahkan satu sendok makan madu. Makan selagi hangat sehari dua kali.
Penting dan harus diperhatikan : Ramuan tersebut di atas tidak diperuntukkan bagi wanita hamil, haid, dan penderita diare.

2. Temulawak
Manfaat temulawak selengkapnya sudah kami bahas pada artikel sebelumnya pada posting Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan, temulawak ternyata juga bisa mengobati sembelit, bagaimana cara meramunya ? simak berikut.
Cara membuat ramuan : ambil rimpang temulawak secukupnya kemudian digiling halus bersama biji sesawi, beri sedikit air lalu peras kemudian airnya diminum. Atau juga rimpang temulawak diiris kemudian ditambah dengan asam jawa serta gula jawa. Nah setelah itu tuangkan pada air mendidih, lalu lakukan penyaringan minum airnya.

3. Mengkudu
Buah mengkudu mengandung alkaloid triterpenoid, mengkudu juga mengandung morindon yang merupakan zat warna merah dan berkhasiat sebagai pencahar.
Cara membuat ramuan : Ambil 2 buah mengkudu yang sudah masak lalu cuci dan parut, kemudian tambahkan sedikit garam, aduk hingga rata, lalu peras dengan kain dan minum sehari dua kali.

4. Kejibeling
Keberadaan Kejibeling mempunyai efek pencahar dan diuretik, sehingga baik untuk penderita sembelit. Cara membuat ramuan : ambil setengah genggam daun keji beling segar dicuci hingga bersih. Kemudian rebus dengan dua gelas air sampai tersisa satu gelas kemudian saring dan minum.

5. Ketepeng Cina
Cara membuat ramuan : Ambil daun ketepeng cina yang muda dan segar sebanyak tujuh lembar kemudian rebus hingga mendidih dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Angkat, saring, dan minum.

6. Daun wungu
Dalam kandungan daun wunggu terdapat alkaloid non toksik, glikosod, steroid, saponin, tanin dan lendir. Nah zat saponin inilah yang mempunyai efek sebagai pencahar ringan (mild laxative) yang berfungsi sebagai obat sembelit. Sedang cara membuat ramuanya ambil tujuh lembar daun wungu segar, lalu rebus dengan dua gelas air hingga jadi satu gelas, saring ramuan tersebut kemudian minum.

Mengatasi sembelit saat hamil, mengatasi sembelit pada anak balita, perut sembelit, Mengatasi Sembelit.