Cara Menghilangkan Jerawat

Cara Menghilangkan Jerawat Kecil-Kecil. Bagaimana cara mengatasi jerawat yang benar, lalu apa penyebab timbulnya jerawat itu sendiri ? Lantas bagaimana cara mudah memberantas jerawat secara alami ? Baiklah sebelum kita melangkah lebih jauh bicara tentang bagaimana cara menghilangkan jerawat, ada baiknya simak juga artikel Superampuh.com sebelumnya bagimana cara menghilangkan komedo pada wajah secara alami tanpa efek samping.

Rasanya sangatlah mustahil apabila ada manusia didunia ini yang bisa melewati masa hidupnya tanpa adanya setitik jerawat di wajahnya. Lalu apa sich sebenarnya jerwat itu ? kenapa kok pada ribut dengan timbulnya jerawat ini. Jerawat dalam istilah keren nya adalah “ACNE”, dimana suatu kondisi abnormal kulit akibat gangguan berlebihan produksi kelenjar minyak sebaceous gland, juga kotoran dan sel-sel kulit mati yang menyebabkan terjadinya penyumbatan saluran folikel rambut dan pori-pori pada kulit.

Munculnya jerawat biasanya terjadi pada saat usia antara 14 sampai 19 tahun yang mana pada masa usia tersebut baik pada laki-laki dan perempuan remaja lebih dikenal dengan masa pubertas, seiring terjadinya perubahan hormon dan pertumbuhan mereka. Masa puber bagi remaja ditandai dengan munculnya jerawat sudah barang tentu akan sangat mengganggu penampilan mereka apalagi dimasa usia sekolah yang harus bertemu dengan teman dalam satu lingkup sekolah. Kehadiran munculnya jerawat lebih jauh akan mempengarui spikologis seseorang, selain mengganggu penampilan juga bisa mengurangi percaya diri, apalagi sering tampil di depan umum.

Lalu apa penyebab munculnya jerawat ?
Munculnya jerawat selain memang sudah pada masanya, juga dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya stres yang berkepanjangan, kelenjar minyak yang hiperaktif, sel kulit mati, bakteri pada pori-pori kulit, meningkatnya produksi hormon testosteron, iritasi kulit penyebab garukan, pil pengontrol kelahiran atau pil KB, juga faktor keturunan dari orang tua.

Langkah apa yang harus dilakukan ketika kita berjerawat ?
Langkah terbaik yang harus dilakukan bagi yang jerawatan adalah selalu menjaga kebersihan kulit terutama kulit muka dengan membersihkan wajah minimal 2 kali sehari dengan sabun pembersih khusus dan air hangat. Hindari makanan berlemak, perbanyak mengonsumsi buah dan sayuran, seperti jeruk, pisang, tomat, nanas, mentimun, bayam, daun melinjo, daun bawang, dan wortel. Perbanyak minum air putih dimaksudkan agar proses metabolisme pengeluaran keringan lebih baik, supaya kulit lebih elastis. Jangan menyentuh jerawat, memencet, memijit, bahkan menusuk agar tidak menimbulkan infeksi dan meninggalkan bekas pada kulit.

Nah setelah kita mengetahui hal-hal yang harus dilakukan dan hindari terhadap si jerawat solusi selanjutnya adalah jangan membiarkan jerawat berkembang lebih parah, langkah selanjutnya adalah mengobati jerawat tersebut dengan segera. Saya sarankan agar mengobati jerawat dengan cara alami saja, meskipun dalam perkembanganya pengobatan modern lebih maju. Hal ini untuk meminimalisir resiko akibat afek samping obat kimia.

Lantas bagaimana cara mudah mengobati dan menghilangkan jerawat secara alami ?
Jerawat pada umumnya menyerang pada bagian wajah terutama kening dan pipi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan sampai pada leher, pundak, dada, ketiak bahkan ada yang sampai ke pinggang. Walaupun bukan tergolong penyakit yang berbahaya namun jerawat bisa membuat kita risih.

Cara menyembuhkan jerawat secara alami diperlukan sedikit tenaga dalam meramunya, berbeda dengan pengobatan modern, mengobati jerawat hanya tinggal oles saja.
Berikut bahan-bahan alami untuk menghilangkan jerawat yang patut anda coba :

1. Mentimun dan Pepaya.
Buah mentimun sangat mudah kita peroleh, mengapa memilih mentimun ? Sebab buah mentimun mengandung astringent yang dapat difungsikan sebagai tonik wajah untuk kulit berminyak. Cara membuatnya parut dan saring mentimun secukupnya. Kemudian oleskan cairan tersebut ke seluruh bagian yang terkena jerawat dengan menggunakan kapas bersih. Sementara buah pepaya digunakan sebagi masker, fungsinya untuk untuk meluruhkan sel-sel kulit mati. Cara membuatnya lembutkan buah pepaya, lalu oleskan pada muka, biarkan selama 15 menit. Langkah ini sebaiknya anda lakukan setiap akan menjelang tidur.

2. Lidah buaya.
Cara membuatnya : Ambil satu daun lidah buaya, potong beberapa bagian, kelupas kulit luarnya, kemudian oleskan pada bagian yang muncul jerawatnya, ulangi melakukan cara ini tiap pagi dan sore. Lewat cara ini, jerawat mungkin akan dapat mongering dan mengelupas selama 3 hari. Lidah buaya juga mampu menghilangkan bekas jerawat yang membandel.

3. Buah tomat.
Buah tomat selain bagus untuk kesehatan mata ternyata juga cukup efektif dalam menghilangkan komedo hitam(blackheads). Caranya : iris tomat menjadi dua lalu oleskan ke seluruh wajah yang kerkena berjerawat dan biarkan selama 15 menit hingga 1 jam lalu bilas dengan air bersih.

4. Lemon, Jeruk nipis dan air mawar.
Lemon, jeruk nipis dan buah-buah sejenisnya mengandung dan kaya akan citric acid. Dengan demikian citric acid sangat baik untuk memindahkan sel-sel kulit mati yang bisa menyebabkan timbulnya jerawat. Caranya cukup mudah, campurkan jus atau perasan lemon dengan air mawar lalu oleskan di wajah dan biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat. Penerapan terapi ini secara rutin dan konsisten selama 15 hari akan memberikan hasil yang luar biasa super ampuh.

5. Bawang putih.
Bawang putih biasa dipakai sebagai pelengkap bumbu dalam memasak, tentu bawang putih tidak asing lagi bagi kita selain antiseptik alami terbaik bawang putih juga bisa menghilangkan jerawat. Caranya : Tumbuk bawang putih hingga halus kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat, diamkan kurang lebih 10 menit lalu bilas dengan air bersih.

6. Putih telur.
Putih telur pada pertemuan kemarin telah disinggung untuk menghilangkan komedo. Dalam hal mengobati jerawatpun putih telur juga bisa difungsikan sebagimana menghilangkan komedo, silahkan baca cara menghilangkan komedo membandel pada artikel sebelumnya.

Demikian artikel yang Superampuh.com persembahkan semoga membantu dan selamat mencoba. Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami.