Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Dibawah Mata

Bagaimana cara menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata, Apa penyebab lingkaran hitam di mata tersebut ? Lalu bagaimana cara mengobatinya ? Munculnya lingkaran hitam atau warna hitam dibawah mata bagi seorang wanita merupakan masalah dalam urusan penampilan terutama menyangkut masalah kecantikan wajah.

Kehadiran mata panda yang berupa lingkaran dibawah mata akan membuat wajah menjadi kelihatan lesu, sedih, tidak fress jika dipandang. Akibat terjadinya gangguan kantung mata yang biasanya disertai kerutan halus disekitar mata membuat penampilan seseorang menjadi kelihatan lebih tua dari umur yang sebenarnya. Kantung mata pada umumnya muncul pada mereka yang sudah berusia lanjut namun tidak menutup kemungkinan remajapun bisa menderita gangguan si mata panda ini. Jika diusia 20 tahunan sudah mengalami simata panda maka akan lebih mudah dikurangi, sebab kondisi kulit masih sangat bagus. Sedangkan bagi yang sudah berusia 30 tahun keatas perlu waktu dalam pengobatan dan menghilangkannya.

Lantas apa penyebab kantung mata atau lingkaran hitam dibawah mata tersebut ?
Munculnya gangguan kantung mata tersebut merupakan erat kaitanya dengan masalah kesehatan kulit seseorang. Selain faktor kesehatan kulit pemicu lainya adalah faktor bertambahnya usia, genetik atau keturunan, Menopause (baca artikel Cara mencegah menopause dini), akibat sinar matahari, gaya grafitasi dan akibat kasus alergi tertentu.

Lalu bagaimana terapi atau pengobatan alami untuk menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata ini ?
Solusi pengobatan dengan cara herbal bisa anda lakukan dengan bahan-bahan berikut :

1. Timun.
Nah buah mentimun merupakan jenis buah yang paling banyak digunakan untuk mengatasi lingkaran mata hitam (mata panda). Sebaiknya mentimun di dinginkan terlebih dahulu didalam kulkas, hal ini sangat efektif jika mentimun yang akan anda gunakan dalam kondisi dingin. Caranya biasakan untuk menempatkan irisan ketimun dingin untuk mata Anda 2-3 kali seminggu. Biarkan 10-15 menit. Ketimun yang telah di dinginkan merupakan obat alami yang sangat baik untuk menghilangkan lingkaran hitam dibawah Mata.

2. Kentang.
Jenis sayuran ini sama halnya seperti ketimun, kentang juga bisa membantu untuk mengatasi kehitaman pada area bawah mata. Caranya mudah saja, cuci satu buah kentang berukuran sedang, kupas kulit dan belah menjadi dua bagian. Kemudian anda dapat menutup mata, dengan menggunakan kentang, selama 10-15 menit pada area mata yang hitam. Kentang ini sangat efektif untuk mengurangi bahkan menghilangkan kesan hitam di sekitar mata.

3. Kantung ekstrak teh.
Kantung ekstrak teh juga merupakan cara yang baik untuk mengurangi lingkaran hitam. Caranya, hanya dengan meletakan kantung ekstrak teh hangat dan biarkan selama 15 menit atau Siapkan bantalan dengan dua kantong teh air panas. Setelah siap, biarkan teh agak dingin (hangat-hangat kuku). Celupkan bola-bola kapas dua dalam teh hangat dan menempelkan pada kelopak mata (posisi mata tertutup) selama 10 atau 15 menit. Setelah itu, Anda akan terlihat segar. Tapi ingat, pastikan kantung ekstrak teh itu benar-benar dalam kondisi hangat bukan panas.

4. Air Bunga Mawar.
Banyak cairan lain yang digunakan untuk mengurangi efek lingkaran gelap pada bawah mata, salah satunya dengan merendam kapas di air mawar dingin lalu letakan di mata. Lakukan dengan posisi duduk dan santai selama 10 menit.

5. Kompres mata dengan air dingin.
mengompres mata dengan air dingin akan membantu menghilangkan ‘mata panda’ yang disebabkan oleh kurang tidur karena begadang atau tidak bisa tidur di malam hari. Cara ini sangat ampuh merilekskan otot-otot mata yang seharian terus terbuka. Caranya, celupkan kain pada air dingin dan kompreskan pada kedua mata anda.

6. Minyak Almon.
Berikan minyak almond setiap pagi dan sore hari. Caranya usapkan secara perlahan diarea sekitar di bawah mata anda.

7. Air minum
Selain mencegah tubuh mengalami dehidrasi, air minum juga bisa membantu mencegah efek lingkaran hitam di kantung mata Anda yang diakibatkan kulit kering. Caranya mudah, biasakan untuk minum 8-10 gelas air mineral sehari. Minum air yang cukup akan membantu menjaga pasokan air yang ada di kulit Anda.

8. Istirahat yang cukup.
Istirahat dengan cara tidur yang berkualitas merupakan solusi ampuh utuk mengusir kerutan dan lingkaran hitan dibawah mata. Sebab dengan tidur segala organ tubuh bisa beristirahat sehingga tubuh akan menjadi segar. Dengan tidur yang berkualitas maka lingkaran hitam dibawah mata akan berangsur-angsur hilang, tentu jangan lupa berdoa dan menerapkan tips diatas.

Bagaimana cara mencegah munculnya lingkaran hitam dibawah mata ?
Untuk mencegah timbulnya lingkar hitam dibawah mata bisa dilakukan dengan :

1. Mengindari stres, kurangi konsumsi kafein. Lebih banyak makan makanan yang mengandung vitamin A dan hindari paparan langsung dari sinar matahari.

2. Mengompres mata Anda dengan kain yang sudah dibasahi secukupnya saat Anda akan tidur juga dapat terhindar dari lingkaran hitam ini. Atau dengan menaruh sendok makan yang telah Anda masukkan ke dalam lemari pendingin pada mata Anda. Hati-hati, biarkan sendok selama beberapa detik. Karena sendok yang baru keluar dari lemari pendingin dan langsung ditempelkan pada mata akan membuat Anda merasa pusing.

3. Jauhi merokok, bukan saja mempengaruhi kesehatan Anda tapi juga membuat pembuluh darah di bawah kulit terlihat lebih jelas sehingga menimbulkan warna kehitam-hitaman di bawah kulit mata Anda.

4. Jenis makan juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan anda juga. Diet sehat, minum banyak air, pastikan mengkonsumsi banyak vitamin, buah-buahan dan sayuran terutama bayam. Makanlah dua gelas bayam organik yang fresh setiap hari. Sebagai tambahan, makan segengam kacang almond (unsalted dan unroasted) sebagai camilan, Serta hindari makan yang asin. Semoga bermanfaat.

Jangan lupa simak juga artikel sebelumnya Cara menghilangkan flek hitam diwajah dan Cara mengatasi kulit wajah kering. Demikian artikel Cara Menghilangkan Lingkaran Hitam Dibawah Mata.