Cara Mengobati Panas Dalam Manjur

Bagaimana cara mengobati panas dalam secara alami – lalu bagaimana juga mengobati panas dalam pada bayi dan buah apa untuk mengobati panas dalam ? Panas dalam bisa dialami oleh siapa saja baik dari bayi maupun orang dewasa sekalipun bahkan ada diantara mereka yang sering mengidap panas dalam setiap minggu dan seakan tidak akan pernah sembuh-sembuh. Nah sangat kasihan sekali jika ini terjadi pada bayi atau balita anda bukan ?

Mengapa panas dalam bisa terjadi ? pertanyaan ini barangkali sudah banyak yang tahu namun kadang banyak sebagian dari kita yang mengacuhkanya. Panas dalam merupakan suatu gejala penyakit yang disebabkan oleh ganggian tenggorokan, penyakit lambung, dan hormon yang tidak seimbang, pemicu lain dari panas dalam adalah kurangnya asupan vitamin C ke dalam tubuh, terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak, makan gorengan, kurang serat, kurang cairan atau dehidrasi keseringan memakan yang bersifat panas dan problema cuaca yang terlalu terik (panas).

Lantas apa gejala-gejala panas dalam ?
Gejala awal panas dalam biasanya sipenderita seringkali mengalami sariawan, sakit tenggorokan, batuk, diare, bibir pecah-pecah, bau mulut tidak sedap, konstipasi, buang air besar disertai darah bahkan mimisan. Setiap orang akan mengalami gejala yang berbeda tergantung dari sisi kekebalan tubuh mereka masing-masing. Panas dalam merupakan sebuah indikasi awal tentang munculnya sebuah penyakit tertentu seperti penyakit tifus atau demam berdarah, bahkan juga bisa TBC atau paru-paru.

Sementara pemicu panas dalam itu sendiri disebabkan oleh beberapa hal, diantanya makan dan mengunyah makanan terlalu cepat, terlalu banyak mengkonsumsi daging, sering makan coklat, makan bawang merah dan bawang putih, kopi, minuman berakohol, kurang minum air putih yang mengakibatkan dehidrasi.

Bagaimana cara alami mengobati panas dalam atau menyembuhkan panas dalam ?
Mengobati panas dalam bisa dilakukan dengan cara alami juga lewat ramuan tradisional. Obat panas dalam secara alami bisa dengan mengkonsumsi makanan dan sayuran setiap hari (baca manfaat buah dan sayuran). Sedangkan untuk buah untuk mengobati panas dalam bisa anda dapatkan dengan mudah terutama buah yang banyak mengandung vitamin C seperti buah jeruk, buah jambu monyet, buah jambu biji putih, buah duwet, buah mangga manalagi, buah gandaria, klengkeng, pepaya, melon, anggur, alpukat, nanas, pisang, buah sukun dan masih banyak lagi.

Ramuan Tradisional atau Resep Mengobati Panas Dalam.
Sedangkan obat panas dalam berupa ramuan bisa dengan mudah dibuat dengan cara yang sangat sederhana.

Bahan yang harus dipersiapkan adalah :

Daun Prasman atau Raja panah secukupnya dan air panas secukupnya.
Cara penggunaan :
Seduh daun prasman dengan air panas, lalu disaring. Lalu minum ramuan tersebut 3x dalam sehari.

Tips mengobati panas dalam atau cara mengobati panas dalam secara alami bisa anda manfaatkan tanaman herbal berikut ini :

1. Anda bisa gunakan kacang hijau, rebus dua genggam kacang hijau dengan air, tambahkan dua ruas jahe dan gula batu secukupnya, minum dua kali sehari akan mengurangi panas dalam anda.

2. Cara kedua adalah menggunakan rambut jagung yang msih muda, caranya rebus segenggam rambut jagung dengan air, tambahkan sedikit jahe, dan gula batu, saring, minum airnya sehari sekali saja, lakukan hingga sembuh.

3. Gunakan air kelapa hijau muda dengan madu, caranya campur 1 buah air kelapa denga 3 sendok makan madu asli, minum sehari sekali saja.

4. Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan telor ayam kampung, satu sendok madu dan sedikit sari kunyit, minum dengan sekali tegukan, dan istirahat cukup

Lalu Bagaimana Mengobati Panas Dalam Pada Bayi ?

Mengobati panas dalam pada balita atau bayi dan anak kecil cukup gampang, silahkan anda ambil madu asli (baca manfaat madu untuk pengobatan) ditambah air lalu minumkan, atau 1 sendok air perasan kunir dicampur dengan madu tanpa ditambah dengan air jadi kucup air perasan kunir tersbut. Untuk membuat perasan air kunir sebaiknya diparut terlebih dahulu.