Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak

Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak – Rasa percayadiri (PD) memegang peranan penting dalam kehidupan, baik bagi anak-anak maupun orang dewasa. Dari rasa percaya diri ini akan bisa dilihat sampai mana kemampuan atau bakat si anak di masa depannya, sehinnga sebagai orang tua kita bisa lebih mudah dalam mengarahkannya.
Merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi kita manakala melihat anak-anank kita tumbuh dan berkembang dengan baik, bisa bersosialisasi dengan lingkungan, beraklak karimah lebih-lebih bisa meraih prestasi yang bisa membanggakan.

Dalam mengarahkan karateristik anak bukanlah pekerjaan yang mudah, namun dengan kesungguhan, kesabaran, ketelatenan dan terus mencari ilmunya dalam membimbing anak maka tidaklah yang yang mustahil kita lakukan, lebih dari itu dalam suatu usaha harus senatiasa berdo’a kepada Alloh supaya diberi petunjuk oleh-Nya.

Untuk menumbuhkan rasa percaya diri pada si kecil, berikut ada tips menarik kepada orang tua selaku pendidik dalam keluarga :

1. Selalu menanamkan nilai-nilai aqidah yang benar terhadap anak sehingga mengerti bahwa : Alloh adalah Robbnya, Alloh adalah satu-satunya Dzat yang berhak disembah, Dzat yang menciptakan sesuatu, dzat yang memberi rezekikepada semua makluk-Nya.

2. Menanamkan nilai-nilai aklak perilaku terpuji dengan meneladani Rosululloh dan para sahabatnya dan orang-orang sholih lewat cerita atau buku bacaan. Menamkan nilai kejujuran dalam keseharian anak, memberi pemahaman tentang barang milik sendiri dan milik orang lain.

3. Memberikan rasa amam dan nyaman pada anak dengan :
Tidak sering memarahi anak, apalagi didepan orang lain atau temannya. Dengan berdialog yang baik kita akan mengetahui apa yang di inginkan anak sehingga dengan mudah mengarahkannya.

Tidak menceritakan aibnya kepada teman-teman kita atau temannya, tidak menakut-nakutinya, jangan menggunakan kata-kata “Nakal” atau “bodoh” atau menggarisbawahi kesalahannya. Gunakan kata-kata lembut dengan perkataan pintarnya sedikit, seperti itu tidak baik, kamu harus berusaha, kamu harus bisa,, tidak ada anak yang tidak bisa kalau mau belajar, hal itu untuk kebaikanmu sendiri, dan lain-lain. Banyak anak yang bermasalah tidak PD, minder atau takut orang tua karena tidak memperhatikan hal-hal tersebut diatas.

4. Berikan pujian atau hadiah saat anak berbuat kebaikan atau prestasi.

5. Ungkapkan kasih sayang dengan membelai, memeluk, atau menciumnya. Juga ucapkan kata “sayang” padanya dengan lisan, bukan hnaya diungkapkan dalam hati saja.

6. Memberikan kesempatan anak untuk bersosialisasi dengan cara : Memilihkan teman yang baik aklaknya untuk anak kita, lalu membiarkannya bermain dengan mereka selagi permainannya tidak berbahaya. Terkadang, ajaklah anak pada acara orang dewasa.

7. Bimbing dan pujian anggota keluarga sangat berarti dan berkesan buat dirinya dan akan menumbuhkan rasa percaya dirinya. Namun demikian, agar anak tidak merasa sombong, kita harus pahamkan bahwa kemampuan dan prestasinya adalah karunia dari Alloh setelah dia berusaha.

Itulah sedikit tips Cara Menumbuhkan Percaya Diri Anak yang perlu kita ketahui sebagai orang tua selaku pendidik aktif dalam keluarga. Mendidik dan belajar adalah sebuah proses dan membutuhkan waktu yang sangat panjang, dan yang pasti tidak akan berakhir hingga kapanpun juga, semoga bermanfaat. Sebelum anda meninggalkan halaman ini ada baiknya juga simak Cara Mengatasi Anak Susah Makan, pada artikel sebelumnya, hanya di Superampuh.com