Khasiat Bawang Merah

Apa khasiat bawang merah bagi kesehatan, apa saja manfaat bawang merah untuk kecantikan ? jenis penyakit apa yang bisa diobati dengan bawang merah ? Bawang merah lebih familiar dijadikan sebagai bumbu masak bagi ibu-ibu rumah tangga, dan mungkin saja kita mengenal bawang merah hanya sebatas untuk keperluan dapur.

Nah jika sebelumnya Superampuh.com telah menghaturkan tentang Manfaat Bawang Putih pada kesempatan kali ini marilah kita lanjutkan mengenal lebih jauh tentang khasiat dari bawang merah. Hampir dari kita setiap hari tidak luput mengkonsumsi bawang merah sebab jenis bumbu masak ini merupakan bumbu masak yang seolah bumbu wajib untuk keperluan penyedap masakan terutama sayur, baik melalui proses penggorengan, di iris-iris ataupun dengan dihancurkan. Keberadaan bawang merah sebagais sebenarnya sudah lama di gunakan oleh nenek moyang kita yang hingga kini masih sering juga dimanfaatkan untuk obat adem panas bersamaan bahan lainnya.

Apabila kita mau menegok lebih jauh tentang bawang merah sebenarnya bumbu masak ini bisa kita fungsikan sebagai bahan obat, bahan kecantikan dan juga fungsi lainnya. Untuk masalah kesehatan bisa berguna untuk mengatasi sembelit, jantung, diabetes, kanker dan masih banyak lagi. Sementara untuk kebutuhan kecantikan bisa digunakan sebagai bahan mengatasi ketombe, untuk mengobati rambut rontok, juga menumbuhkan rambut dan masih banyak lagi.

Anda penasaran tentang bawang merah, simak berikut di balik khasiat yang terkandung di dalamnya.

Bawang Merah Untuk Obat

• Hipertensi. Kandungan Quercetinnya yang merupaka suplemen pembantu untuk mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi. Quercetin membantu dalam hipertensi dengan penipisan darah, itulah mengapa bawang dapat berguna bagi penderita hipertensif.

• Menyembuhkan sembelit. Kandungan serat bawang merah membantu membuang racun dan partikel makanan keras yang terjebak dalam usus. Makan bawang merah yang masih mentah di saat menderita sembelit maka akan sangat membantu Anda dalam proses penyembuhan.

• Masalah pendarahan. Bawang merah bisa membantu menyembuhkan hemoroid atau wasir dan juga dapat mengobati pendarahan di hidung. Caranya : Iris bawang merah dan hirup baunya secara perlahan.

• Mengontrol diabetes. Bawang merah yang masih mentah dapat meningkatkan produksi insulin. Jadi, bagi penderita penyakit diabetes, sebaiknya memperbanyak mengkonsumsi salad bawang secara teratur.

• Melindungi jantung. Bawang merah mentah dapat melindungi jantung dari bahaya penyakit koroner. Makanan ini juga mengontrol tekanan darah tinggi dan membuka arteri yang tersumbat. Caranya konsumilah secara teratur disaat mentah.

• Mengontrol kadar kolesterol. Kandungan sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur bawang merah dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik ( HDL ). Bawang merah dapat mengontrol kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat ( LDL ).

• Mencegah kanker. Kandungan senyawa belerang, Sulfur dapat melindungi tubuh dari kanker lambung, payudara, paru-paru, usus, dan prostat. Makan bawang mentah juga membantu menyembuhkan gangguan saluran kemih.

• Pelindung Jantung. Kandungan flavonoidnya membantu melindungi dari kolesterol tinggi dan atherosclerosis, yang merupakan penumpukan plak di arteri yang dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung. Bawang dapat menguntungkan kondisi tertentu dari jantung karena penipisan darah, sehingga memudahkan hati dan sistem peredaran darah untuk memompa darah.

Bawang Merah untuk Kecantikan

• Mengatasi ketombe. Caranya : campur jus bawang dengan lemon, dadih, dan tambahkan beberapa tetes madu. Oleskan pada rambut dan biarkan selama 30 menit. Bilas dengan sampo anti-ketombe ringan untuk menyingkirkan ketombe secara alami.

• Mengobati rambut rontok. Kandungan sulfurnya mampu meningkatkan sirkulasi darah dan memperkuat rambut. Carannya : Buatlah jus bawang merah terlebih dahulu. Pijatlah kulit kepala dengan hot coconut oil selama kurang lebih 30 menit, kemudian oleskan jus bawang merah untuk membuka pori-pori kulit kepala. Selanjutnya, tutup rambut dengan handuk hangat yang berguna untuk menguapkan rambut.

• Menumbuhkan rambut. Caranya campurlah jus bawang merah dengan coconut oil dan pijat kulit kepala. Biarkan selama 40 menit dan kemudian bilas dengan sampo ringan.Sulfur dalam bawang merah bukan hanya mengurangi rambut rontok, akan tetapi juga bisa menginduksi pertumbuhan rambut.

• Menyembuhkan infeksi kulit kepala. Buatlah jus bawang merah untuk menyembuhkan infeksi kulit kepala. Infeksi jamur dapat merusak rambut dan juga menyebabkan kerontokan rambut yang parah dan juga mengobati infeksi kulit kepala, serta membantu membuka pori-pori yang tersumbat dari folikel rambut.

Semoga bermanfaat apa yang telah kami persembahkan sekilas tulisan mengenai khasiat bawang merah.