Khasiat Jeruk Nipis

Khasiat Jeruk Nipis. Jeruk nipis dalam bahasa jawa dikenal dengan nama Jeruk Pecel dalam istilah lain disebut Jeruk Limau atau Citrus aurantifolia. Tumbuhan jeruk nipis banyak dijumpai dipekarangan dekat rumah bahkan ada yang menanam sebagai tanaman bunga disamping atau didepan rumah. Jeruk nipis tidak seperti halnya jeruk buah lainya meski agak mirip akan tetapi rasanya berbeda, perbedaan mencolok antara jeruk nipis dengan jeruk yang lain terdapat pada rasa dan manfaatnya. Rasa jeruk nipis cenderung pahit bercampur asam tetapi kaya akan manfaat, sedangkan jeruk lain pada dasarnya merupakan buah siap santap jika sudah masak sudah barangtentu juga siap untuk dinikmati.

Penggunaan terbesar dari jeruk nipis adalah airnya. Air perasan jeruk nipis biasa difungsikan untuk mencuci piring dari kotoran yang mengandung lemak membandel, juga bisa membersihkan karat dan kotoran pada logam, aneka minuman juga bisa dibuat dari bahan dasar jeruk nipis ini. Dalam dunia pengobatan herbal manfaat jeruk nipis sudah dikenal semenjak dahulu kala, orang tua tempo dulu dalam mengobati batuk dan deman selalu menggunakan jeruk pecel ini.
Sebenarnya apasaja kandungan jeruk nipis kok begitu termasyur dalam penyembuhan penyakit ?
Kandungan jeruk nipis sangat beragam seperti :

- Asam sitrat
- Kalsium
- Fosfor
- Synephrine
- N-methyltyramine
- Limonene dan linalool
- Hesperidine
- Rhoifolin dan naringin
- Zat besi
- Vitamin A, B1, dan C

Manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk pengobatan dan kecantikan.
Jeruk nipis dikenal mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi dibanding jenis jeruk lainya, dari kandungannya yang beragam tidak salah lagi jika jeruk ini berkhasiat mengobati berbagai macam penyakit. Selain untuk penyembuhan jeruk nipis bermanfaat juga bagi kecantikan, diantaranya :

- Membuat kuku cemerlang
- Membuat rambut berkilau halus dan lembut
- Menghilangkan ketombe membandel

Berikut Manfaat jeruk nipis untuk pengobatan dan cara penggunaanya :

1. Mengobati Batuk
Caranya :
Ambil 1 jeruk nipis bersihkan, lalu peras, campur dengan 1 sendok makan madu dan sedikit garam, aduk sampai rata lalu disaring. Minum 2-3 kali sehari.

2. Tekanan Darah Tinggi
Caranya :
Ambil 20 kuntum bunga dan 30 lembar daun jeruk nipis. Cuci bersih, kemudian tambahkan air perasan 2 buah jeruk nipis. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 seperempat gelas. Setelah dingin, saring. Air saringannya diminum 3 kali sehari seperempat gelas. Minum ramuan ini ditambah sedikit madu. Lakukan setiap hari secara rutin.

3. Ambeien
Caranya :
Ambil 10 gr akar pohon jeruk nipis cuci bersih, kemudian direbus dengan air 1 liter selama setengah jam, lalu saring. Anda minum hangat-hangat 3 kali sehari.

4. Amandel
Caranya :
Ambil kulit tiga jeruk nipis dicuci bersih, dipotong-potong, lalu direbus dengan dua gelas air hingga airnya tersisa seperempat, saring. Air tersebut dipakai untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

5. Anyang-anyangan
Caranya :
Dua jeruk nipis dicuci, diperas lalu diberi gula batu secukupnya dan 1 gelas air panas. Aduk selama masih hangat kemudian, minum sekaligus lakukan sehari cukup satu kali.

6. Batuk Disertai Influenza
Caranya :
Ambil dan Potong sebuah jeruk nipis yang sudah masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 60 cc air panas. Tambahkan setengah sendok teh air kapur sirih sambil diaduk rata. Minum ramuan ini 2 kali sehari 2 sendok makan.

7. Bau Badan
Caranya :
Ambil jeruk nipis lalu Potong menjadi 2 bagian, olesi bagian irisan dengan kapur sirih tipis-tipis. Oleskan pada ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu dibilas, lalukan tiap pagi dan sore hari.

8. Demam atau Flu
Cara 1:
Ambil Satu jeruk nipis dicuci lalu diperas, tambah dengan 3 siung bawang merah yang telah dilumatkan dan 1 sendok makan minyak kelapa. Oleskan pada kening penderita.
Cara 2:
Satu jeruk nipis dipanggang sebentar, dipotong, lalu diperas, tambahkan 1 sendok makan madu. Minum sekaligus.

9. Haid Tidak Teratur
Caranya :
3 sendok makan air jeruk nipis ditambah 1 sendok makan madu dan 2 gelas air panas diaduk rata. Minum selagi hangat. Lakukan 3 kali sehari.

10. Jerawat
Caranya :
Satu jeruk nipis diiris kemudian digosokkan pada kulit wajah yang terkena jerawat.

11. Mencegah Rambut Rontok dan Berketombe
Caranya :
2 jeruk nipis dipotong menjadi 3 bagian, lalu oleskan pada kulit kepala sampai rata. Bungkus kepala dengan handuk semalaman, keramas keesokan harinya. Lakukan 3 kali seminggu.

12. Radang Tenggorokan
Caranya :
Potong 3 buah jeruk nipis masak, lalu peras. Seduh air perasannya dengan 1/2 cangkir air panas, tambahkan 1 sendok makan madu sambil diaduk rata. Selagi hangat, gunakan ramun ini untuk berkumur selama 2-3 menit. Lakukan 3 kali sehari.

13. Terkilir
Caranya :
Ambil 3 buah jeruk nipis yang sudah masak, belah menjadi dua. Masukkan ke dalam poci lalu diseduh dengan setengah cangkir air panas, lalu ditutup. Setelah dingin diambil jeruknya kemudian diperas dan disaring. Tambahkan 2 sendok makan minyak kayu putih dan dua sendok makan minyak gandapura. Ramuan ini digunakan untuk mengurut bagian yang cedera. Kemudian minum seperempat gelas air kelapa hijau muda. Lakukan 3 kali sehari.

14. Pegal Linu
Caranya :
Ambil daun jeruk nipis, daun ketepeng cina, dan daun sambiloto (masing-masing 1/3 genggam), 10 lembar daun sirih, 2 jari akar pepaya, 2 jari akar kepayang, 3 jari akar kelor, dan 10 buah cabai rawit, lalu tumbuk sampai halus. Rendam ramuan tersebut dalam 1 liter alkohol selama 7 hari. Air perasannya dapat digunakan untuk menggosok dan mengurut bagian tubuh yang sakit.

15. Sakit Gigi
Caranya :
Campurkan air jeruk nipis, gilingan akar kecubung hitam dan gilingan legetan warak masing-masing 1 sendok makan. Tambahkan 3/4 cangkir air garam ke dalamnya, lalu aduk sampai rata. Selanjutnya peras ramuan tersebut dan saring. Gunakan air saringannya untuk berkumur selama beberapa menit, lalu buang. Lakukan 4-6 kali sehari.

16. Menurunkan berat badan
Caranya :
Satu buah jeruk nipis diperas kemudian tambahkan ke dalam cangkir air teh hijau. Minum setiap pagi dan sore setiap hari.

Ternyata banyak juga manfaat jeruk nipis baik untuk pengobatan, kecantikan, jerawat, menurunkan berat badan, apalagi untuk wajah. Bagaimana dengan anda ingin mencoba ? Baca juga Manfaat Buah Jeruk pada artikel sebelumnya.