Makanan Penderita Liver Yang harus Diwaspadai

Makanan Penderita Liver atau Makanan Sakit Liver – Apa saja jenis makanan yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver ? dan jenis makanan apa yang harus dihindari bagi yang sakit liver ? Seperti yang telah kami jelaskan pada pertemuan sebelumnya apa yang menjadi penyebab liver dan gejala serta pengobatan liver secara alami pada artikel Cara Mengobati Penyakit Liver, kali ini Superampuh.com akan lanjutkan tentang makanan untuk sakit liver yang perlu diwaspadai, artinya makanan apa yang tidak boleh dan yang harus dikonsumsi bagi penderita sakit liver.

Perlu diketahui bahwa pola makan yang dapat memicu terjadinya penyakit liver atau radang empedu adalah jenis makanan yang mengandng banyak lemak, sehingga mengakibatkan penumpukan lemak berlebih yang pada akhirnya menjadi kristal diempedu yang mengakibatkan luka dan jika terdapat kuman maka akan menimbulkan infeksi atau radang.

Jenis makanan apa saja yang boleh dikonsumsi bagi penderita liver ?
Nah untuk makanan yang diperbolehkan bagi penderita liver sebaiknya memilih jenis makanan dalam proses memasaknya melalui penguapan, dikukus atau direbus. Proses memasak makanan dengan sistem uap /penguapan sangat baik utuk kesehatan, baik bagi penderita liver itu sendiri juga menghindari penyakit lain seperti kanker, tumor, asam urat dan sejenisnya (baca cara mengobati penyakit kanker). Kenapa demikian sebab jenis memasak dengan proses ini akan terhidar dari lemak yang bisa memicu penyakit kolesterol yang mengakibatkan rematik dan asam urat, (baca artikel cara menyembuhkan penyakit rematik dan tips menyembuhkan penyakit kolesterol tinggi).

Penderita liver wajib menghindari jenis makanan gorengan, dibakar, diasap atau dipanggang seperti sate dan sejenisnya, sebab makanan dengan proses diasap dan digoreng tidak bisa lepas dari adanya unsur lemak, dan lemak itu sendiri bagi penderita liver akan merangsang hati untuk bekerja keras dalam kondisi sakit.

Makanan sakit liver menurut para ahli ilmu kedokteran terbaik adalah susu. Susu bagi penderita liver merupakan makanan wajib yang harus dikonsumsi dengan takaran 1 liter susu setiap hari. Buah dan sayuran juga wajib dikunsumsi setiap hari bagi yang menderita sakit liver, dan idealnya mengkonsumsi buah dan sayuran sebanyak 1 kg perhari (baca manfaat buah dan sayuran). Jadi minum susu serta buah dan sayuran adalah wajib bagi penderita liver sebab buah dan sayuran serta susu merupakan obat penyembuh sakit liver alami. Selain jenis makanan diatas makanan yang boleh di konsumsi bagi penderita liver antara lain ayam kampung beserta telornya, ikan laut, ikan tawar, dan kacang hijau.

Makanan apa yang harus dihindari bagi penderita liver ?
Jenis makanan yang harus dihindari bagi yang menderita sakit liver adalah se jenis makanan rempah-rempah yang bersifat pedas dan asam seperti : merica, ketumbar, bawang, cabai, lengkuas, pala, cuka, asam jawa, belimbing wuluh dan sejenis yang bisa merangsang asam lambung, sehinggga hati menjadi nyeri.

Nah selain jenis bahan makanan dari rempah-rempah dan asam bagi penderita liver mempunyai pantangan makanan sebgai berikut .

Pantangan makanan bagi penderita liver :

• Hindari makan duah-buahan seperti durian, nanas, nangka, anggur.
• Hindari daging sapi, daging kambing atau daging ayam yang berlemak
• Hindari makan seafood seperti udang, cumi-cumi, kepiting, kerang.
• Hindari makanan dan minuman yang mengandung alkohol dan bahan pengawet

Saran dan anjuran bagi para penderita liver :

• Konsumsi sayur segar. Antara lain : Kubis, leunca, Buncis, Wortel, Pare, Brocoli, Sambung nyawa, Bit dan Bawang putih.
• Konsumsi juice buah. Antara lain : Belimbing manis, Apel malang, Jeruk, Pepaya, Jambu biji, Tomat.
• Jangan menkonsumsi makanan yang dipanggang, makanan yang digoreng berulang kali, nasi kemarin.
• Hindari asap rokok.
• Apabila menkonsumsi sayuran yang dimasak sendiri, bisa ditambahkan bumbu dari tanaman herbal, seperti Pegagan, Sambung nyawa, Mahkota dewa, Daun salam, dll.
• Perbanyak minum air putih.
• Hindari stress dan tingkatkan keyakinan untuk sembuh.

Makanan penderita liver