Makanan Yang Menyehatkan Ginjal

Makanan Yang Menyehatkan Ginjal atau Pantangan makanan untuk penyakit ginjal. Jika kemarin Superampuh.com telah membahas Cara Mengobati Penyakit Ginjal pada pertemuan kali ini kita lanjutkan tentang Makanan Yang Menyehatkan Ginjal. Si penderita kerap kali mengeluh tentang makanan apa yang sebaiknya dikonsumsi untuk kesehatan ginjal mereka, dan dari rata-rata penderita penyakit ginjal tidak mengetahui secara pasti apa saja makanan yang baik bagi penderita penyakit ini.

Sebenarnya bukan hanya untuk penderita gangguan ginjal, bagi Anda yang dalam kondisi sehatpun kita perlu mengetahui makanan apa yang bagus dan tidak baik untuk ginjal, dan alangkah lebih baik jika kita bisa menghindari jenis makanan yang membuat berdampak buruk pada kesehatan ginjal kita. Perlu dingat bahwa ginjal waluapun organ tubuh yang lumayan kecil akan tetapi mempunyai fungsi yang sangat vital bagi keberlangsungan hidup manusia, dan tidak jarang banyak yang mengabaikan fungsi ginjal mereka dengan mengkonsumsi makanan secara serampangan, akibtnya apa yang terjadi ?.

Nah dari akibat kerusakan pada sistim ginjal akan berdampak luar biasa pada proses sirkulasi asupan darah keseluruh tubuh karena tugas ginjal menyaring racun yang dibawa oleh darah intuk disalurkan kejaringan tubuh. Apabila kondisi ginjal sudah tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya otomatis semua organ tubuh akan menerima dampaknya, salah satunya racun-racun yang seharusnya terbuang lewat saluran urin akan mengalir keseluruh tubuh, dan coba bayangkan apa yang terjadi setelah kondisi tersebut menimpa kita ? Memang ada solusi untuk mencegah itu semua misalnya dengan cuci darah atau cangkok ginjal namun mampukah bisa bertahan sampai berapa tahun ?

Solusi cerdas untuk mengantisipasi penyakit ini adalah dengan menjaga pola hidup sehat dengan menghindari hal-hal negatif yang bisa mengakibatkan gangguan ginjal. Bagi para penderita ginjal hendaknya senantiasa bisa mengatur makanan yang masuk kedalam tubuh, bukan hanya mengkonsumsi air putih saja sebagai langkah awal pencegahan.

Berikut ini merupakan makanan yang bisa menyehatkan ginjal baik bagi penderita maupun yang ingin ginjanya tetap terjaga kesehatanya.

1. Memperbanyak makan sayuran mentah seperti salad, sehingga nutrisinya terjaga. Boleh makan daging sapi atau ayam. Khusus untuk ayam, hindari bagian paha karena menjadi pusat lemak.

2. Konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D seperti minyak ikan, kuning telur, hati, mentega, serta makanan berkalsium tinggi lainnya, seperti ikan teri, sardine dan sayuran hijau harus dijaga kuantitas konsumsinya agar tidak berlebihan.

3. Komsumsi buah beets, kulit jeruk nipis, kacang-kacangan, bayam, teh tanpa gula, cokelat dan serbuk cokelat. Semuanya itu mengandung kadar oxalat yang cukup tinggi yakni sebesar 0,1% dari beratnya. Sedangkan blueberry, anggur, jeruk, stroberi, kacang hijau, wortel, seledri, kopi sangria daun bawang, mengandung 0,2% oxalat. Mengingat kadar oxalat yang cukup tinggi dari jenis buah-buhan diatas, maka sebaiknya hindari mengkonsumsinya. Atau jika anda terpaksa menyantapnya, bilaslah dengan banyak meminum air putih.

4. Sebaiknya menghindari makanan yang dibakar dan digoreng. Jika ingin menggoreng gunakan ekstra virgin olive oil. Tapi makanan yang dikukus jauh lebih baik bagi Anda penderita penyakit ginjal.

Demikian artikel dari kami tentang Makanan Yang Menyehatkan Ginjal.