Manfaat Bawang Putih

Apa manfaat bawang putih bagi kesehatan, lalu apa saja kandungan bawang putih dan jenis penyakit apa saja yang bisa di sembuhkan menggunakan bawang putih ? Bawang putih merupakan salah satu diantara bahan bumbu masakan yang tidak asing bagi kita terutama bagi ibu-ibu rumah tangga pastilah semua sudah mengenalnya.

Barangkali selama ini mengenal bawang putih hanya sebatas sebagai penyedap masakan tanpa mau peduli dengan kandungan serta manfaat dan khasiat bawang putih yang hampir setiap hari kita konsumsi. Nah salah satu khasiat bawang putih yang paling familiar adalah digunakan sebagai antibioatik alami bagi pertahanan tubuh manusia.

Selain sebagai antibiotik alami sebenarnya juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit seperti batuk pilek sampai berguna dalam pengobatan kanker. Nanti akan kita bahas mengenai hal ini, tapi sebelumnya kita perlu mengetahui dahulu kandungan bawang putih itu apa saja. Bawang putih mempunyai kandungan senyawa kimia yang begitu beragam sehingga bisa bermanfaat dalam penyembuhan berbagai penyakit.

Lantas apa saja senyawa kimia tersebut ?

Minyak atsiri bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik.

Allicin dan aliin bermanfaat sebagai daya anti kolesterol berguna mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi.

Sedangkan pada umbinya terdapat kalsium yang memiliki sifat menenangkan sehingga sangat cocok sebagai pencegah hipertensi.

Kemudian Saltivine bermanfaat mempercepat untuk pertumbuhan sel serta jaringan juga merangsang susunan sel syaraf.

Diallysulfide, alilpropil-disulfida : anti cacing.

Belerang, Protein, Lemak, Fosfor, Zat besi juga Vitamin A, B1 dan C.

Mengandung kalsium, potasium, antioksidan, karoten dan selenium.

Mengandung khasiat antimikroba, antitrombotik, hipolipidemik, antiarthritis, hipoglikemik, dan juga memiliki antivitas sebagai anti tumor.

Manfaat bawang putih sebagai obat

1. Batuk pilek.
Kandungan sulfur dari bawang putih membuatnya memiliki aroma yang khas untuk meningkatkan dan mempercepat kerja membran mucous di saluran pernapasan yang membantu melegakan tenggorokan dan mengeluarkan lendir. Bawang putih yang mentah mengandung phytochemical yang dapat membantu membunuh bakteri dan virus penyebab penyakit. Cara penggunaan : Hancurkan beberapa siung bawang putih secukupnya, lalu masukan ke dalam panci yang berisi susu putih dingin, kemudian panaskan sekitar satu hinggaa dua menit dan minum selagi masih dalam kondisi hangat.

2. Kolesterol.
Bawang putih yang mengandung allicin dan aliin yang bermanfaat sebagai anti kolesterol dan memperkecil gejala dari penyakit jantung dan menyembuhkan tekanan darah tinggi.

3. Kanker.
Bawang putih dipercaya bisa mencegah timbulnya gejala dari berbagai jenis kanker terutama kanker perut dan usus besar. Kandungan Organosulfida bisa untuk membantu hati dalam memproduksi senyawa kimia beracun.

4. Wasir.
Bawang putih bisa membantu dalam proses penyembuhan untuk penderita wasir atau ambeien. Dengan cara haluskan,beberapa siung bawang putih, kemudian bersihkan dahulu dubur Anda dan sekitarnya dengan menggunakan air hangat dan sabun antiseptik, lalu balurkan rempah bawang putih yang telah dihaluskan pada anus yang telah dibersihkan sebelumnya, tunggu beberapa menit lalu bilas kembali sampai bersih tanpa meninggalkan bekas dan juga tanpa menggunakan sabun kembali.

5. Anemia.
Bawang putih memiliki vitamin B1, vitamin C dan asimilasi zat besi hal ini dapat menjadi penawar dalam mengobati anemia ( kurang darah ). Anemia tidak hanya ditandai karena kurang darah akan tetapi juga karena tubuh kurang menghasilkan hemoglobin yang mencukupi. Anemia juga di latarbelakangi oleh adanya ketidak cukupan dari protein, iodin, kobalt, vitamin C dan vitamin B. Oleh karena itu sebaiknya seseorang yang mengalami kurang darah sedapat mungkin mengkonsumsi bawang putih dalam tiap resep masakan yang Anda buat.

6. Memperlambat kemerosotan otak serta sistem kekebalan tubuh.

7. Sakit Perut
Bawang putih mengandung allicin yang berfungsi dapat merangsang dinding perut dan usus untuk melancarkan enzim pencernaan serta mengeluarkan enzim yang tidak normal dari sistem pencernaan. Namun yang perlu diingat dan harus dipahami, bahwa dalam menggunakan bawang putih ini sebaiknya dalam di campuran dengan berbagai masakan. Ternyata bawang putih mampu mengatasi problema sakit perut juga bisa melegakan perut hingga 95 persen.

8. Juga bermanfaat menjaga stamina tubuh, mencegah penggumpalan darah, meringankan sakit lambung, menurunkan kolesterol dalam darah, menangkal radikal bebas, penawar racun, darah tinggi, jantung, diabetes, meredakan stress, kecemasan dan depresi, memperlambat proses penuaan dini, mencegah terjadinya resiko penyakit jantung dll.

Semoga dengan mengetahui sedikit banyak mengenai kandungan serta khasiat yang terdapat di dalamnya, bisa bermanfaat bagi kita semua yang menyangkut dalam masalah kesehatan berhubungan dengan bawang putih.