Manfaat Buah Jeruk

Manfaat Buah Jeruk Bagi Kesehatan – Buah jeruk sangat familiar sekali dibelahan bumi manapun, selain rasanya yang segar dan manis sedikit asam buah jeruk bisa dimanfaatkan sebagai obat yang mujarap untuk penyembuhan suatu penyakit.

Dengan keaneraka ragaman buah jeruk yang juga bisa dimanfaatkan sebagai alternatif selain penyembuhan, misalnya dibuat sebagai bahan dasar minyak wangi, untuk parfume, dan sejenisnya, diambil dari minyak kulit jeruk karena kandungan minyak kulit jeruk ini yang tergolong cukup tajam.

Nah apa saja manfaat buah jeruk untuk Kesehatan?
Buah jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi bermanfaat untuk membantu mengusir radikal bebas karena polusi udara yang kian hari bertambah tinggi. Vitamin C juga bermanfaat sebagai penambah daya tubuh dari rendahnya imunitas tubuh yang rendah.

Manfaat buah jeruk bisa menghaluskan kulit, terutama bagi kaum remaja putri yang ingin tampil beda dengan kulit halus terawat. Caranya gosok bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Lalu, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab alami. Anda bisa lakukan cara ini dengan teratur guna mendapatkan hasil yang memuaskan.

Buah jeruk nipis bisa bermanfaat untuk penymbuh batuk. Caranya, Ambil jeruk nipis lalu potong dan diperas diambil airnya, kemudian dicampur dengan kecap dan madu sama banyaknya. Aduk sampai rata. Minumkan pada penderita sehari sekali satu sendok makan. Apabila untuk anak-anak, tiga kali sehari satu sendok teh.
Sedangkan untuk obat luar, jeruk nipis dipotong diambil airnya, tambahkan minyak kayu putih dan daun sirih, setelah ketiga bahan tersebut bercampur jadi satu, oleskan pada dada,punggung dan leher, cara ini efektif bagi yang menderita batuk disertai pilek.

Manfaat buah jeruk untuk demam, cara membuatnya ambil jeruk nipis lalu dibelah dicampur dengan daun pepaya dan kencur. Ketiga bahan tersebut direbus dengan tiga gelas air, setelah direbus sisakan tinggal satu gelas, saring airnya diminum 3 kali sehari sebanyak setengah gelas saja.

Buah jeruk bermanfaat sebagai penyembuh kaki bengkak. Caranya, potongan jeruk, terutama jeruk sitrun maupun lemon, bisa membantu mengatasi masalah kaki membengkak, akibat terlalu lelah sehabis melalukan olah raga atau sehabis melakukan perjalanan jauh. Bersihkan kaki hingga bersih, kemudian rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Anda juga bisa menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tadi.

Apa Kasiat kulit jeruk ?
Jeruk bakan hanya daging buahnya yang bisa bermanfaat bagi kesehatan namun kulitnyapun juga berkhasiat menyembuhkan berbagai macam jenis penyakit. Diantaranya Mencegah mabuk perjalanan, Mengobati bronchitis (radang pada saluran paru-paru) kronis, Mengobati konstipasti (sembelit / susah buang air besar), Mengobati batuk, Menghilangkan dahak didalam paru paru, Mengobati masalah pencernaan, Mencegah sesak didada (sesak napas), Menghentikan muntah dan mengobati perut yang sakit, Menghilangkan bau mulut, Menghilangkan gejala alergi sehabis makan ikan dan kepiting, Mengobati mastitis, Mengobati sakit geraham, Merawat dan mengobati gigi yang sensitif, Mengobati hangover yaitu perasaan sakit pada waktu bangun pagi setelah minum minuman keras terlalu banyak.

Sebenarnya masih banyak manfaat buah jeruk untuk kesehatan, semoga dari sedikit bisa membuahkan sesuatu yang berharga terima kasih, semoga bermanfaat.
Baca juga manfaat dan khasiat jeruk nipis jangan diremehkan pada artikel sebelumnya.

Keyword :Manfaat Buah Jeruk