Manfaat Buah Mentimun

Apa khasiat dan manfaat buah mentimun, dan apa saja kandungan yang terdapat dalam buah mentimun ? Mentimun atau juga disebut ketimun jika langsung dimakan tersasa segar apalagi buat lalapan makan membuat tambah nikmat hidangan yang kita santap. Untuk mendapatkan mentimun sangatlah mudah juga harganya relatif murah sehingga banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkan mentimun sebagai sayuran yang menyegarkan.

Ketimun merupakan termasuk dalam suku labu-labuan, yang mempunyai nutrisi banyak untuk menjaga fitalitas dan kesehatan tubuh. Asal mula mentimun dibudidayakan di India bagian utara. Budidaya buah mentimun sangatlah mudah sebab buah yang satu ini mudah berkembang baik di daerah dataran tinggi maupun rendah, jadi dengan sangat mudah untuk mendapatkan buah mentimun bahkan hampir bisa ditemui disetiap penjuru dunia sekalipun sehingga buah mentimun bisa kita konsumsi disetiap saat.

Tahukah anda akan manfaat buah mentimun yang hampir tiap hari anda konsumsi tersebut ? Buah mentimun memang lebih familiar digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi juga sebagai bahan untuk perawatan kulit, namun lebih dari itu buah mentimun ternyata kaya akan manfaat yang selama ini mungkin belum pernah kita ketahui.

Nah sebelum kita mengetahui manfaat buah mentimun lebih lanjut sebaiknya kita perlu mengetahui dahulu apa kandungan dari buah mentimun tersebut. Kandungan gizi mentimun diataranya mengandung 0,65 % protein, 0,1 % lemak, 2,2 % karbohidrat. Selain itu juga terdapat kandungan, magnesium, zat besi, fosforus, vitamin b, vitamin a, vitamin c dan vitamin B2. Terdapat 35.100 – 486.700 ppm asam linoleat yang termasuk dalam suku cucurbitaceae.

Apa Manfaat Buah Mentimun ?
Manfaat buah ketimun begitu banyak baik untuk perawatan wajah dan kulit juga berfungsi sebagai pengobatan penyakit, nah berikut selengkapnya :

1. Perawatan kulit
Buah mentimun memiliki sifat diuretik yang berfungsi sebagai efek pendingin, dan pembersih yang sangat bermanfaat bagi kulit. Sementara kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit. Masker wajah yang mengandung sari mentimun digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam caffeic yang hadir dalam mentimun dapat menurunkan tingkat retensi air, yang pada gilirannya mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

2. Fungsi pencernaan
Anda mengalami masalah dengan pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

3. Kesehatan sendi
Kandungan dalam buah mentimun salah satunya adalah silika yang dapat mempromosikan kesehatan sendi Anda dengan memperkuat jaringan ikat.

4. Pencernaan protein
Pada buah mentimun terdapat kandungan enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

5. Tekanan darah
Kandungan zat pada buah mentimun seperti potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

6. Membunuh cacing pita
Anak anda mengalami cacingan, jika menderita cacingan coba obati dengan mentimun. Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.Mengobati cacingan selengkapnya simak artikel Cara mengobati cacingan pada anak.

7. Perawatan kuku
Ingin kuku anda terlihat cantik manfaatkan mentimun. Karena mentimun sangat kaya akan kandungan silika, dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari kaki dan tangan.

8. Atasi encok dan rematik
Mengobati encok dan rematik ternyata bisa dibantu dengan jus mentimun. Keberadaan jus mentimun yang diperkaya dengan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

9. Mengobati sakit gigi dan gusi
Bermasalah dengan gigi dan mulut mentimun juga bisa mengatasinya. Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khususnya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

10. Diabetes
Jus mentimun selain segar rasanya juga dikenal dapat membantu kesehatan pasien diabetes. Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh.

11. Perawatan ginjal
Bermasalah dengan kesehatan ginjal coba konsumsi mentimun karena buah mentimun telah menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

12. Suburkan rambut
Buah mentimun juga bermanfaat menyuburkan rambut sebab dalam buah mentimun terdapat kandungan silika. Jus mentium yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada akan membantu penyuburan rambut. Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga jika rajin mengonsumsi makanan mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

13. Menurunkan panas
Jika putra putri anda mengalami demam panas buah mentimun juga bisa anda manfaatkan untuk mengobati atau menurunkan panas badan si kecil anda. Caranya mudah, cukup parut kemudian kompreskan pada kening anak anda.

Manfaat lain buah mentimun bisa digunakan untuk membasmi hama, perawatan wajah, mengobati penyakit hipertensi, menghilangkan detoks maupun racun, melangsingkan tubuh, obat selulit, obat diare, sakit tenggorokan, mengobati panas dalam, mengobati penyakit tipus, membantu melancarkan kencing, bisa membunuh bakteri, menghilangkan belatung yang ada di makanan, menghentikan kram yang muncul dan sebagai pencegah kanker, membantu mencegah keriput pada kulit, meredakan gejala penyakit maag, mengurangi pembengkakan di sekitar mata, bisa digunakan untuk obat luka tukak, menyetabilkan berat badan, membuat cacing pita dalam usus mati, dan membuat mahkota rambut menjadi indah. Demikian sekilas artikel tentang manfaat buah mentimun.

Manfaat buah mentimun bagi kesehatan, mentimun dan khasiatnya, manfaat buah mentimun untuk wajah, kandungan gizi mentimun, manfaat mentimun bagi kesehatan, manfaat buah ketimun, efek mentimun, khasiat buah ketimun