Manfaat Buah pisang

Manfaat Buah pisang – Buah pisang ? orang mana di negeri ini yang belum kenal dengan buah pisang, terasa aneh jika orang dewasa tidak mengenal yang namanya buah pisang ini, masak kalah sama monyet, monyet saja sudah mengenal buah pisang semenjak ia bayi. Buah pisang bisa dengan mudah kita peroleh dimanapun tempat sebab tanaman ini selain mudah ditanam otomatis juga sangat mudah untuk mendapatkan buahnya. Buah pisang sedari yang muda hingga yang sudah matang bisa dimanfaatkan untuk makanan yang tentu punya nilai gizi tinggi paling tidak bisa buat camilan seperti halnya keripik pisang, molen pisang, sale dan gethuk pisang dan aneka macam jajanan yang terbuat dari bahan dasar buah pisang.

Ngomong-ngomong jika kita suka buah pisang namun belum mengetahui asal mula pisang itu sendiri rasanya belum lengkap bukan ? Pisang menurut para sejarah berasal dari Asia tenggara kemudian dibawa oleh penyebar agama Islam ke wilayah Afrika barat, Amerika tengah dan selatan selanjutnya pisang menyebar ke daerah tropis dan subtropis diseluruh antero dunia. Lantas dimanakah negara penghasil pisang terbesar saat ini ? negara penghasil buah pisang terkenal diantaranya Brasilia, Filipina, Panama, Honduras, India, Equador, Thailand, Karibia, Columbia, Mexico, Venezuela, dan Hawai. Sementara Indonesia sendiri menempati posisi ke 4 penghasil buah pisang terbesar di dunia.

Nah saking banyaknya buah pisang yang terdapat disekitar kita, maka tidak heran jika harga buah pisang relatif terjangkau dengan keuangan kita dan bahkan sebagian orang barangkali untuk mengkomsumsi buah pisang tanpa perlu harus membeli karena bisa menanam sendiri disekitar rumah mereka.

Jika anda sering mengkonsumsi buah pisang tetapi tidakmengerti khasiat serta manfaat dari buah pisang itu sendiri rasanya juga belum pas juga bukan. Malah buah yang satu ini terkenal sebagai buah penutup setelah melakukan rutinitas makan setiap hari.
Anda ingin tahu khasiat dan manfaat buah pisang selengkapnya ? baik Superampuh.com akan hadirkan apa saja manfaat buah pisang yang terkenal manis dan segar ini.

Kandungan gizi secara universal buah pisang diantaranya mengandung :

- Serat 0,7 mg
- Protein 1,2 mg
- Kalsium 8 mg
- Kalium 4673 mg
- Sodium 1 mg
- Fosfor 2,8 mg
- Karbohidrat 25,8 mg
- Kalori 99 mg
- Lemak 0.2 mg
- Besi 28 mg
- Vitamin A 44 mg, Vit B, B6-B12, C 3 mg, dan air 72.

Dari kandungan gizi buah pisang yang relatif cukup banyak tersebut tidak heranlah jika buah pisang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagi yang mengkonsumsinya.

Lantas apa saja khasiat dan manfaat buah pisang tersebut ?

1. Buah pisang bermanfaat untuk anemia.
Buah pisang karena mengandung zabt besi yang relatif tinggi otomatis buah pisang bisa membantu fungsi hemoglobin dengan dalam tubuh. Untuk penderita anemia mengkonsumsi buah pisang dengan teratur sangat baik untuk mengembalikan tekanan darah dan merangsang untuk menyetabilkan hemoglobin.

2. Buah pisang bermanfaat untuk menbantu meningkatkan konsentrasi.
Jika anda mengalami drop berkonsentrasi sebaiknya mengkonsumsi buah pisang lebih dari cukup sebab buah pisang mengandung kalsium yang berfungsi salah satunya untuk membantu meningkatkan daya konsentrasi.

3. Buah pisang Sangat baik untuk tekanan darah tinggi.
Solusi yang bisa dijadikan alternatif buat pengobatan alami darah tingi adalah buah pisang salah satunya. Karena buah pisang mempunyai kandungan kalium sekitar 4673 mg, namun sangat rendah sodium 1 mg, sehingga dengan demikian buah pisang memiliki rasio yang sempurna dalam mencegah tekanan darah tinggi.

4. Manfaat buah pisang bagi penderita saraf.
Buah pisang mempunyai kandungan vitamin B. Vitamin salah satu fungsinya untuk memulihkan dan mengembalikan funsi saraf yang rusak.

5. Manfaat buah pisang untuk diare dan sembelit.
Salah satu kandungan yang terdapat dalam buah pisang diantaranya serat. Manfaat serat bisa membantu memulihkan fungsi usus normal. Dalam kandungan buah pisang juga terdapat potasium yang sangat bagus untuk penderita diare selain itu dalam buah pisang terkandung pektin yaitu suatu jenis serat yang larut dalam air bermanfaat membantu menormalkan gerakan melalui saluran pencernaan.

6. Manfaat buah Pisang bagi Kecantikan.
Cara membuatnya, bubur pisang dicampur dengan sedikit susu dan madu, kemudian oleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama kurang lebih 30 hingga 40 menit. Lalu basuh dengan air hangat kemudian bilas dengan air dingin atau es, langkah ini bisa anda lakukan selama kurang lebih selama 15 hari, lihat hasilnya kulit anda akan terlihat lebih halus dan bersih.

7. Manfaat pisang untuk luka bakar.
Dalam hal ini bukan buahnya melainkan dari sisi daun. Daun pisang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles. Caranya, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan untuk kulit yang terkuka bakar.

8. Manfaat buah pisang bagi ibu hamil.
Asam folat dalam buah pisang sangat baik bagi ibu hamil, asam folat mudah diserap janin melalui rahim sang ibu, namun perlu anda ketahui mengkonsumsi buah pisang jangan berlebihan sebab dalam kandungan buah pisang juga terdapat kalori yangcukup tinggi.

9. Manfaat buah pisang untuk sumber enargi dan menghilangkan rasa lelah.
Buah pisang yang empuk sangat mudah dicerna dalam tubuh, sementara gula yang terdapat dalam buah pisang dapat berfungsi sebagai sumber tenaga yang bagus bagi yang mengalami kecapekan setelah bekerja atau melakukan olah raga.

Demikian diantara manfaat buah pisang bagi kesesehatan, berbahagialah bagi anda yang memang hoby sekali mengkonsumsi buah pisang sebab mengandung banyak khasiat dan manfaat untuk keperluan kesehatan. Jadi bagi yang hingga saat ini masih enggan mengkonsumsi buah pisang ada baiknya mulai hari ini mau belajar dengan rutin megkonsumsi buah pisang guna untuk menjaga vitalitas dan kebugaran bagi tubuh kita. Demikian Manfaat Buah pisang, semoga bermanfaat.