Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan

Apa Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan ? – Alhamdulillah kesempatan baik kita bisa berjumpa kembali lewat media online Superampuh.com. Jika pertemuan kemarin kita telah membahas banyak hal mengenai Manfaat Buah dan Sayuran Bagi Kesehatan, seperti halnya manfaat buah jeruk dan khasiat buah anggur, maka giliran kita bahas tentang Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan. Buah salak bagi masyarakat Indonesia sudah tidak asing lagi, sebab selain sudah banyak yang menanam, bahkan dibeberapa daerah malah dijadikan sebuah produk unggulan cirikhas daerah tertentu, yang menyangkut kualitas serta rasa yang mencerminkan ciri buah salak dari daerah tersebut.

Nama besar buah salak adalah Salacca Edulis, buah yang satu ini cepat berkembang didaerah tropis seperti halnya di Indonesia, dan sangat diminati oleh warga matahari terbit (Jepang), Amerika juga Eropa. Kenapa mereka menyukai buah salak, sepeerti halnya kita juga yang suka makan buah salak, sebab rasanya manis dan menyegarkan, bahkan lebih daripada itu buah salak memiliki kandungan gizi dan khasiat yang luar biasa. Daging buah salak mengandung saponin, tannin, kalsium dan flavonoida.

Perkembangan hingga kini buah salak bisa diolah secara sederhana untuk di jadikan jus salak bahkan bisa dijadikan makanan olahan bergengsi tergantung dari kreatifitas kita. Bicara tentang buah salak ada mitos jika makan terlalu banyak buah salak sulit BAB (buang air besar) itu sebenarnya sangat keliru sebab kita kidak tahu cara memakan buah salak secara benar.

Lantas Bagaimana Makan Buah Salak Yang Benar ?
Setiap segala sesuatu yang diciptakan Alloh kepada hambanya ternyata membawa fungsi juga manfaat bagi manusia, termasuk tanaman dan buah-buahan.  Ada yang sifatnya mengobati atau berfungsi sebagai penawar ada juga sebagai penyebab penyakit. Salak misalnya apabila dimakan terlalu banyak lantas membuang kulit arinya maka makan salak bisa menyebabkan perut mulas bahkan sulit BAB, untuk itu solusinya jika makan salak makan juga beserta kulit arinya. Kulit ari disini berfungsi sebagai penawar, karena kulit ari salak mengandung banyak serat.

Lalu Apa Saja Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan ?

1. Salak Bermanfaat untuk obat mencret atau diare.
Jika anda sering mengalami gangguan masalah seputar perut, mencret misalnya anda bisa manfaatkan buah salak sebagai obat dengan mengkonsumsi sebanyak 20 gram daging buah salak yang masih muda.

2. Salak bermanfaat juga sebagai obat mata.
Nah berdasarkan penelitian para ahli dibidang kesehatan, ternyata buah salak mengandung Betakaroten yang tentu sangat bagus buat kesehatan mata. Betakaroten adalah salah satu zat anti oksidan yang banyak terdapat dalam sayuran seperti wortel.
Apabila anda ingin terus menjaga kesehatan mata adabaiknya juga mulai sekarang sering mengkonsumsi jus salak sebagai alternatif selain jus wortel yang rasanya mungkin jauh lebih nikmat ketimbang jus wortel.

3. Salak mengndung vitamin C, 2mg di dalam salak juga mengandung serat yang memberikan efek kenyang lebih lama sebab memerlukan waktu dalam proses penyerapan dalam usus. Kandungan gizi salak antara lain kalori, protein, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin C dan B juga air.

4. Buah salak juga sangat baik untuk kesehatan kuku dan kulit anda.

Apa pantangan Mengkonsumsi Buah Salak ?

Pantangan buah salak dihkususkan bagi yang menderita maag dan radang usus, sebab tannin dalam kandungan buah salak bisa memperparah kondisi usus yang luka karena sulit dicerna. Tannin merupakan zat yang terdapat pada tumbuhan salah satunya adalah salak.

Bagaimana dengan ibu hamil ? bolehkah ibu hamil mengkonsumsi salak ? jawabanya “Boleh” asalkan tidak berlebihan. Makan salak bagi ibu hamil disarankan disertai kulit arinya jadi jangan makan salak meninggalkan kulit arinya, sebab akan mempersulit berak (buang air besar) dan tidak dianjurkan makan salak muda.

Demikian Manfaat Buah Salak Bagi Kesehatan, semoga bermanfaat jika anda ingin mengetahui lebih banyak manfaat dan khasiat buah yang lainnya silahkan tetap di Superampuh.com Solusi Cerdas Hidup Sehat.