Manfaat Buah Tomat

Apa manfaat buah tomat untuk kesehatan, apa khasiat buah tomat bagi ibu hamil ? dan apa saja khasiat tomat untuk wajah dan kecantikan ? Tomat atau Lyopercisum esculentum asal mula buah tomat pertama kali ditemukan didaerah Ekuador, peru, dan Bolivia. Sementara di Perancis disebut pomme d’amour atau Apel cinta, mengapa disebut Apel cinta ? Karena buah tomat diyakini manpu mengobati lemah syahwat juga bisa meningkatkan jumlah sel sperma pada pria, sehingga dijuluki buah tomat untuk keperkasaan.

Buah tomat selain warnanya merah merona sehingga cukup manis jika dipandang. Untuk mendapatkan buah tomat juga sangat mudah, bahkan sebagian ibu rumah tangga setiap hari memanfaatkan buah tomat sebagai menu masakan rutin setiap hari untuk dibuat sup juga sayur aseman. Buah tomat sangat berbeda dengan jenis buah lain, apabila buah lain bisa bermanfaat jika dimakan mentah akan tetapi toman sangat baik dan bermanfaat jika diolah atau dicampur dengan masakan dengan cara dihancurkan sebelum dikonsumsi, mengapa demikian ? sebab dalam kandungan tomat terdapat Lycopene yang mana Lycopene yang dikeluarkan pada buah tomat tersebut lebih banyak dibandingkan dengan tomat yang langsung dimakan tanpa diolah terlebih dahulu. Sementara Lycopene sendiri sangat manjur memerangi kerusakan akibat radikal bebas, memblok sinar ultraviolet dan menjadikan kulit sehat. Manfaat lain lycopene adalah mampu mencegah penyakit jantung dan ginjal, serta kerusakan pada otak dan sistem syaraf akibat penuaan. Nah jika anda ingin awet muda dengan kulit bersih cemerlang sebaiknya perbanyak makan buah tomat.

Tomat yang sering kita jumpai dipasaran terdapat dua jenis warna yaitu warna merah dan hijau, ternyata tomat yang berwarna merah ini 5 kali lebih banyak mengandung Vitamin C dan A daripada tomat yang berwarna hijau, karena perbedaan warna dalam buah menunjukan kandungan vitamin yang disandangnya. Rekomendasi para ahli pilih warna merah jika ingin mengkonsumsi tomat agar mendapatkan nilai kandungan vitamin yang lebih besar.

Manfaat dan khasiat buah tomat yang perlu kita tahu.
Manfaat makan tomat antara lain mengatasi kegemukan, mengobati diare, mengobati gusi berdarah, mengurangi resiko radang usus buntu, meningkatkan jumlah sperma pada pria, memulihkan fungsi lever, menurunkan resiko gangguan penyakit jantung, menghilangkan kelelahan dan menambah nafsu makan, memperlambat penurunan fungsi mata karena pengaruh usia, juga menghambat pertumbuhan sel kanker pada prostat, leher rahim, membantu menjaga kesehatan organ hati, ginjal, mengatasi penggumpalan darah, mengobati usus buntu dan mencegah kesulitan saat buang air besar.

Buah tomat diperkaya dengan vitamin C, sebuah nutrisi yang menjaga sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat, tomat bisa merangsang terbentuknya asam amino karnitina yang terbukti dalam penelitian mempercepat pembakaran lemak dalam tubuh lebih dari 30 persen, buah tomat bisa dipadukan dalam pasta, salad, sup, kari, semur, dan berbagai masakan kesukaan Anda, tomat segar dan ekstrak tomat terbukti dapat menurunkan total kolesterol, kolesterol LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. Buah tomat juga terbukti dapat mencegah penggumpalan darah (agregasi trombosit), yang merupakan faktor risiko untuk aterosklerosis, Nah hebat bukan ?.

Apa khasiat buah tomat bagi ibu hamil dan Apa saja manfaat jus tomat bagi kesehatan ?
Jus tomat sangat baik untuk ibu hamil sebab manfaat jus tomat itu sendiri bisa membantu pembentukan glycogen dalam liver. Jus tomat bisa menyeimbangkan fungsi liver dengan cepat sehingga bisa menjaga stamina tubuh dan untuk menyehatkan tubuh terutama disaat hamil. Sedangkan kandungan garam mineral yang ada dalam tomat bisa meningkatkan nafsu makan serta dapat merangsang aliran air liur sehingga berguna untuk membantu pencernaan makanan dengan baik. Dengan demikian mengkonsumsi jus buah tomat secara teratur akan dapat membantu mengobati penyakit anoreksia atau kehilangan nafsu makan, baik anak-anak juga orang dewasa.

Apa khasiat buah tomat untuk wajah dan kecantikan ?

1. Khasiat buah tomat untuk wajah Kecilkan pori-pori besar.
Caranya : Ambil satu sendok makan jus tomat segar. Tambahkan 2-4 tetes air jeruk nipis segar. Gunakan bola kapas untuk menerapkan campuran ini pada wajah Anda. Pijat dalam gerakan melingkar. Biarkan selama sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air dingin. Aplikasi teratur akan mengecilkan pori-pori lebih cepat.

2. Khasiat buah tomat untuk menyembuhkan jerawat.
Caranya : potong tomat menjadi dua bagian dan oleskan pada wajah. Untuk jerawat parah masker tomat segar bisa digunakan. Buat bubur atau pasta tomat lalu oleskan pada wajah. Biarkan selama satu jam. Bilas dan gunakan pelembab. Lakukan ini secara teratur atau sebanyak yang Anda bisa. Jerawat dijamin akan mengering dan kulit kembali mulus. Ingin tahu tips menyembuhkan jerawat selengkapnya baca artikel Cara Menghilangkan Jerawat versi Superampuh.com

3. Khasiat buah tomat untuk mengatasi minyak di kulit.
Caranya : Parut tomat segar dan saring dan tambahkan jus ketimun kecil. Oleskan jus dengan bola kapaske seluruh wajah.

4. Khasiat buah tomat untuk menghilangkan komedo.
Caranya : Tumbuk satu buah tomat dan tambahkan tumbukan alpukat sebagai kombinasi pembersih dan pelembab kulit. Dua kombinasi alami ini bisa menenangkan dan membersihkan kulit, cocok untuk kulit berminyak dan kering. Kaya vitamin A, C dan E. Terapkan paket ini, diamkan selama 20-30 menit dan bersihkan dengan air hangat. Nah cara memberantas komedo selengkapnya silahkan baca artikel Cara Menghilangkan Komedo.

5. Khasiat buah tomat untuk mengatasi peradangan kulit.
Caranya : Parut setengah tomat dan campur dengan dua sendok makan yogurt polos.Oleskan ramuan ini pada wajah, leher, tangan dan kaki. Bilas setelah 20 menit. Tomat mendinginkan kulit dan menetralkan permukaan kulit, sementara yoghurt memberi protein yang sangat dibutuhkan kulit. lebih lembut dan kenyal.

6. Khasiat buah tomat untuk membuat kulit lebih bercahaya.
Caranya : Campur madu dengan jus tomat sampai menjadi pasta tebal. Oleskan campuran ini pada wajah dan bagian kulit yang diinginkan, bersihkan setelah 15 menit untuk mendapatkan kulit lebih halus dan bersinar.

Dari kandungan dan khasiat serta manfaat buah tomat yang telah kita simak diatas bisa kita ambil satu kesimpulan bahwa tomat merupakan obat berbagai penyakit yang sudah sepatutnya kita konsumsi setiap hari.


Manfaat buah tomat dan wortel, tips manfaat buah tomat, contoh manfaat buah tomat, Buah Tomat.