Manfaat Daun Sirih

Apa saja manfaat daun sirih lalu apa kandungan daun sirih dan bagaimana cara meramu daun sirih sehingga bisa dijadikan obat alternatif pilihan ?

Sirih merupakan tanaman yang biasa tumbuh dipekarangan rumah dan sirih itu sendiri adalah tanaman asli dari Indonesia. Tanaman ini biasanya timbuh dan berkembang bersandar pada pohon atau merambat pada tanaman bisa mencapai tinggi 15 meter. Ciri-ciri fisik daun sirih yaitu batangnya berwarna coklat agak kehijauan, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar, berbentuk bulat. Sementara daunnya yang tunggal berbentuk menyerupai jantung, pada ujung daunnya meruncing dan tumbuh berselang-seling, bertangkai, apabila diremas mengeluarkan bau yang sedap.

Apa saja Kandungan Daun Sirih
Pada daun sirih terdapat beberapa kandungan yang bermanfaat diantaranya minyak atsiri yang mengandung minyak terbang au betIephenol, pati, diatase, gula dan zat samak dan kavikol yang memiliki daya mematikan kuman, anti jamur, seskuiterpen, antioksidasi dan fungisida.
Daun sirih mengandung zat antiseptik pada seluruh bagianya oleh karena itu banyak sekali yang kita dapatkan dari manfaat daun sirih ini.

Manfaatnya ternyata bisa mengobati gangguan kejantanan pada pria, mata merah, mimisan, membuat suara nyaring, dan yang lebih familiar dimanfaat untuk organ kewanitaan termasuk keputihan. Daun sirih juga mengandung bahan aktif fenol dan kavikol dimanfaatkan sebagai pestisida nabati berfungsi dalam mengendalikan hama penghisap pada tanaman.

Lalu apa saja manfaat daun sirih ?
Manfaat dan khasiat daun sirih yang pasti telah lolos uji klinis dan sampai saat ini penelitian mengenai daun sirih masih terus saja dikembangkan.

Daun sirih untuk obat dalam bisa berguna untuk mengobati : batuk, sariawan, bronchitis, jerawat, keputihan, sakit gigi karena berlubang (daunnya), demam berdarah, bau mulut, haid tidak teratur, asma, radang tenggorokan (daun dan minyaknya), gusi bengkak (getahnya). membersihkan mata, dan menghilangkan bau ketiak.
Sementara untuk pengobatan luar untuk mengobati : eksim, luka bakar, koreng (pyodermi, kurap kaki, bisul, mimisan, sakit mata, perdarahan gusi, mengurangi produksi ASI yang berlebihan, dan menghilangkan gatal.

Cara meramu daun sirih untuk mengobati penyakit.

1. Sakit Jantung
Ambil kurang lebihnya 3-5 lembar daun sirih, Potong kecil-kecil lalu rebus dengan air sebanyak 4 gelas hingga menjadi 2 gelias. Kemudian saring dan minum dua kali sehari.

2. Diare
Ambil 4 sampai 6 lembar daun sirih, dan 6 biji merica, 1 sendok makan minyak kelapa.Tumbuk semua bahan tersebut bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada perut.

3. Bronkitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu. Caranya, daun sirih, dicincang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing dengan 3 sendok makan.

4. Mimisan
Ambil satu lembar daun sirih, kemudian gulung setelah itu masukkan ke hidung untuk menyumbat aliran darah yang keluar.

5. Pembengkakan gusi
Ambil 5-6 lembar daun sirih. Rebus dengan 3 gelas air sampai mendidih. Angkat dan saring, tambahkan garam. Selanjutnya gunakan untuk berkumur tiga kali sehari.

6. Alergi atau gatal gatal
Ambil 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok teh minyak kayu putih. Caranya, semua bahan tanah bersama-sama sampai halus, kemudian digosokkan pada bagian tubuh yang gatal.

7. Pendarahan gusi
Untuk menghentikan pendarahan gusi, Anda dapat mengambil 10 lembar daun sirih. Setelah dicuci, direbus dengan 5 gelas air sampai mendidih. Angkat dan disaring gunakan untuk berkumur.

8. Bau Mulut
Ramuan ini juga dapat mengobati bau mulut disebabkan oleh kerusakan gigi dan bakteri mulut yaitu dengan cara di kunyah. Carnya daun sirih dicuci lalu kunyah dan biarkan beberapa menit dalam mulut, kemudian buang. Lakukan ini 2-3 kali sehari. Cara kedua yaitu dengan cara berkumur. Rebus 5-6 daun sirih dengan 2 gelas air mendidih. Dinginkan dan saring, gunakan untuk berkumur-kumur setiap pagi dan sore.

9. Mengobati Jerawat
Ambil 7-10 lembar daun sirih , cuci bersih dan tumbuk halus. Seduh dengan dua gelas air panas. Kemudian gunakan air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan 2-3 x sehari.

10. Obat Batuk
Ambil 15 lembar daun sirih, tiga gelas air. Cuci bersih daun sirih tersebut dan rebus sampai tersisa menjadi tiga perempat bagian. Kemudian minum bersamaan dengan madu.

11. Bronkitis
Rebus 7 lembar daun sirih yang telah dicuci bersih bersama sepotong gula batu dalam 2 gelas air bersih. Tunggu sampai tersisa menjadi 1 gelas. Minum 3 x sehari masing-masing sepertiga gelas.

12. Luka Bakar
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Peras airnya dan tambahkan sedikit madu. Bubuh-kan ke tempat luka bakar.

13. Bisul
Ambil daun sirih secukupnya dan cuci bersih. Setelah itu giling sampai halus dan dioleskan pada bisul. Balut dan ganti 2 x sehari.

14. Mata Gatal
Sediakan 5-6 daun sirih muda dan segar rebus dengan 1 gelas air sampai mendidih. Jika sudah, tunggu sampai dingin.Gunakan untuk mencuci mata dengan gelas cuci mata 3 x sehari sampai sembuh.

15. Koreng
Rebus 20 lembar daun sirih sampai mendidih. Gunakan air rebusan yang masih hangat untuk membasuh koreng dan gatal.

16. Sariawan
Ambil 1-2 lembar daun sirih kemudian cuci bersih.Kunyah sampai lumat dan buang ampasnya.

17. Keputihan
Rebus 10 daun sirih yang telah dicuci bersih dalam 2,5 liter air.Gunakan air rebusan yang masih hangat tersebut di pakai untuk cebok pada organ kewanitaan anda.

18. ASI Berlebih
Ambil beberapa daun sirih, cuci bersih dan olesi dengan minyak kelapa. Kemudian hangatkan di atas api sampai layu.Tempelkan di seputar bagian yang bengkak selagi masih hangat.

19. Mata Merah atau Radang Mata
Ambil daun sirih merah yang agak muda (daun kelima dari pucuk) sebanyak 4 lembar, cuci bersih. Rebus dengan air dua gelas hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, air tersebut digunakan untuk merendam mata yang sakit. Cara pengguaan: Mata dibersihkan atau cuci muka kemudian direndam dengan air rebusan sirih merah secukupnya menggunakan gelas khusus. Gunakan tidak lebih dari tiga kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada lapisan mata. Gunakan air rebusan yang bening agar tidak terjadi iritasi pada mata caranya air rebusan diendapkan terlebih dahulu sebelum digunakan. Selanjutnya baca Manfaat Daun Sirsak pada artikel sebelumnya.