Manfaat Daun Sirsak

Apa saja khasiat dan manfaat daun sirsak ? serta apa khasiat air rebusan daun sirsak ? – Pohon dan buah sirsak sudah ada sejak jaman Belanda, dan tidak salah jika buah sirsak disebut juga Nangka atau Durian Belanda (nongko londo), sebab yang membawa bibit pohon ini juga bangsa Belanda sewaktu menjajah bangsa Indonesia kala itu.

Istilah latin tanaman ini adalah Annona muricata L, jenis tanaman ini memiliki akar yang kuat juga bisa menghasilkan buah yang menyehatkan bagi tubuh manusia, tidak cukup hanya sampai disitu ternyata pohon dan buah sirsak banyak dimanfaatkan dalam dunia pengobatan dari daunnya lantas apa keistimewaan daun sirsak ini ?. Sebelum kita lanjutkan marilah kita tengok dahulu apa kandungan yang terdapat dalam daun sirsak.

Kandungan Daun Sirsak.
Daun buah sirsak ternyata memiliki kandungan senyawa yang sangat bermanfaat bagi tubuh, meningkatkan kekebalan serta berperan sebagai obat penyakit berbahaya seperti kanker atau tumor dan sejenis yang kesemuanya tidak lepas dari zat-zat yang terdapat di dalamnya.

Nah dalam daun sirsak terdapat :

- Acetogenins
- Annocatacin
- Annocatalin
- Annohexocin
- Annonacin
- Annomuricin
- Anomurine
- Anonol
- Caclourine
- Gentisic acid
- Gigantetronin
- Linoleic acid
- Muricapentocin

Keistimewaan dan keunggulan dari pohon sirsak terletak pada daunnya meski pada buahnya juga memiliki khasiat yang bagus akan tetapi sisi kelebihannya justru terdapat pada daunya, mengapa demikian ? karena manfaat daun sirsak mampu :

- Menghambat pertumbuhan bakteri
- Membantu menghambat mutasi gen
- Membantu menghambat perkembangan virus
- Membantu menghambat perkembangan parasit
- Membantu menghambat pertumbuhan tumor
- Membantu merileksasi otot
- Sebagai anti kejang
- Membantu meredakan nyeri
- Mampu menekan peradangan
- Menurunkan kadar gula darah
- Menurunkan demam
- Menurunkan tekanan darah tinggi
- Menguatkan saraf
- Membantu menyehatkan jantung
- Membantu meningkatkan produksi asi pada itu hamil
- Membantu melebarkan pembuluh darah
- Membunuh cacing parasait
- Mengurangi stres
- Menguatkan pencernaan dan meningkatkan nafsu makan.

Berdasarkan hasil riset para ahli menyatakan terdapat satu senyawa kimia yang berperan selektif dalam membunuh sel kanker usus besar serta 10.000 kali lebih berpotensi sebagai obat kemoterapi yang ditemukan dalam sirsak. Sementara daun sirsak telah diteliti dalam sebuah studi, dan dinyatakan sangat efektif untuk mengobati kanker prostat, pankreas dan paru-paru.

Keberadaan daun sirsak memiliki target yang sangat efektif sebab mampu membunuh sel-sel ganas bagi 12 jenis kanker, diantaranya kanker usus besar, prostat, paru-paru dan kanker pankreas. Khasiat daun sirsak juga diyakini mampu meningkatkan energi di dalam tubuh, mencegah radikal bebas, meningkatkan stamina dan fitness juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindari infeksi yang mematikan.

Cara Memanfaatkan Daun Sirsak Sebagai Obat.
Daun sirsak merupakan media alternatif untuk penyembuhan yang patut untuk anda coba bukan hanya bagi yang mengidap penyakit akan tetapi bagi mereka yang sehatpun bisa memanfaat daun sirsak untuk menunjang kesehatan anda.

Membuat ramuan daun sirsak untuk kanker.
Langkah-langkahnya :
Ambil 20 lembar daun sirsak setelah itu cuci hingga bersih. Kemudian rebus menggunakan air bersih sebanyak 5 gelas, rebus hingga mendidih sampai tersisa hanya 3 gelas. Lalu minum air rebusan tadi selama 3 x perhari secara rutin, sampai kanker berkurang dan sembuh.

Membuat ramuan daun sirsak untuk Asam Urat dan Rematik.
Cara meramunya pada prinsipnya sama seperti diatas. Ambil 20 lembar daun sirsak cuci dahulu, rebus dengan air sebanyak 5 gelas biarkan sampai memdidih gingga tersisa 3 gelas kemudian minum selagi masih hangat 3 kali sehari.

Membuat ramuan daun sirsak untuk Eksim atau Penyakit Gatal.
Ambil berapa lembar daun sirsak, lalu tumbuh sampai halus kemudian oleskan pada eksim atau penyakit gatal di tubuh anda, dan lakukan secara rutin. Untuk mengatasi penyakit eksim dan gatal silakan merujuk pada artikel Cara mengobati Eksim dan Cara mengatasi penyakit gatal posting sebelumnya.

Pada dasarnya membuat ramuan pengobatan daun sirsak lebih banyak gigunakan dengan cara direbus atau digodok baik untuk sistem pengobatan atau hanya sekedar untuk menjaga kesehatan tubuh supaya tetap prima. Yang jelas khasiat air rebusan daun sirsak bisa digunakan dalam pengobatan berbagai penyakit baik ringan atau berat. Selanjutnya baca Manfaat buah sirsak. Demikian sekilas artikel tentang Manfaat Daun Sirsak.

manfaat daun sirsak untuk asam urat, manfaat daun sirsak untuk kista ovarium, manfaat daun sirsak untuk kesehatan, manfaat daun sirsak untuk diabetes, manfaat daun sirsak untuk wasir, manfaat juice sirsak
khasiat air rebusan daun sirsak, khasiat daun sirsak untuk darah tinggi, khasiat daun sirsak untuk paru-paru, khasiat daun sirsak untuk ginjal, manfaat juice sirsak, artikel khasiat daun sirsak