Manfaat Minyak Zaitun

Minyak zaitun. Apa saja manfaat minyak zaitun bagi kecantikan dan kesehatan lalu zat apa saja yang terdapat dalam kandungan minyak zaitun ? Keberadaan dari khasiat minyak zaitun sudah dirasakan semenjak peradapan masa lampau. Awal mula yang menggunakan minyak zaitun adalah masyarakat di kawasan laut tengah, dan tidak mengherankan juga bahwa bangsa-bangsa disana seperti Italia, Yunani, Spanyol dikenal sebagai produsen sekaligus juga pengguna terbesar di seluruh dunia. Dan hingga kini masih dikembangkan berbagai tehnik proses pengolahan guna mendapatkan kualitas terbaik untuk keberlangsungan dari minyak zaitun itu sendiri.

Kandungan minyak zaitun
Dengan manfaat yang luar biasa terkadang kita juga bertanya-tanya apa sich sebenarnya kandungan yang terdapat dari minyak zaitun itu ? Minyak zaitun sebenarnya diambil dari jenis buah yang berasal dari pohon zaitun atau dalam bahasa latin Olea Europaea.

Di dalamnya ternyata mengandung banyak sekali senyawa aktif diantaranya fenol, tokoferol, sterol, pigmen, serta squalene, yang berfungsi atau memegang peranan penting dalam masalah kesehatan dan juga kecantikan. Selain itu juga mengandung vitamin E dosis tinggi, beta-carotene atau vitamin A, vitamin K, serta antioksidan sejenis phytosterol, flavonoid, dan senyawaphenolic.

Sebagian besar di dominasi oleh adanya lemak (fat) serta beberapa vitamin. Tampak terlihat juga bahwa carbohidrat dan protein dapat mencapai 0%, ini artinya keberadaan minyak zaitun sangat didominasi oleh lemak yang sehat atau lemak berantai tunggal.

Manfaat minyak zaitun
Minyak zaitun begitu melegenda dengan membawa khasiat yang tidak perlu diragukan lagi, namun terkadang ternyata banyak juga diantara kita yang belum mengenal manfaat lebih jauh di dalamnya.

Mengurangi Kolesterol Jahat (LDL)
Minyak zaitun sangat kaya akan antioksidan yang mampu menurunkan kolesterol LDL. Penelitian menunjukkan bahwa jenis extra virgin yang sangat efektif dalam menurunkan LDL. Berbagai riset membuktikan adanya fakta sangat jelas, bahwa minyak zaitun menurunkan total kadar kolesterol dan kolesterol berbahaya.

Mencegah Penyakit Kanker
Para peneliti menyatakan bahwa sebab menurunnya rasio kematian akibat serangan kanker di Laut Putih Tengah adalah karena makanan penduduk negeri tersebut mengandung minyak zaitun sebagai sumber utama lemak.
Dengan mengkonsumsinya diharapkan mampu melindungi tubuh dari serangan sejumlah kanker, seperti kanker colon, kanker rahim, kanker ovarium, sekalipun jumlah studi ini masih terlalu minim.

Membunuh dan Mengusir Kutu Kepala
Penggunaan minyak zaitun, sangat ampuh untuk membunuh kutu kepala. Sebagai gambaran dalam beberapa jam saja bisa membunuh kutu yang ada di kepala 276. Inilah kenapa bisa dikatakan minyak zaitun dapat untuk membunuh kutu kepala sangat ampuh. Fakta ini berdasarkan beberapa studi yang dilakukan di beberapa Universitas dan Akademi di Amerika, mengenai kutu kepala.

Menekan Radang Sendi
Hasil riset terhadap 145 orang pengidap radang sendi di Yunani, menunjukan minyak zaitun begitu baik untuk digunakna melindungi kondisi tubuh dari terjadinya penyakit radang sendi.

Mengurangi Potensi Munculnya Tukak Lambung
Kandungan zat serta gizi yang terkandung dalam minyak zaitun bisa memiliki pengaruh positif dalam melindungi tubuh dari kanker lambung juga bisa mengurangi timbulnya penyakit tukak lambung.

Merawat kesehatan kulit dan kecantikan
Dalam bidang kecantikan dan perawatan kulit, khasiat minyak zaitun untuk wajah juga sangat baik. Kebanyakan minyak zaitun digunakan dalam bentuk cream dan body lotion. Untuk wajah, minyak zaitun dapat dicampur dengan masker atau dioleskan langsung pada bagian kulit wajah. Nah khusus untuk perawatan wajah, produk kecantikan yang mengandung minyak zaitun dipercaya mampu membantu untuk mempertahankan kelembaban serta elastisitas kulit sekaligus memperlancar proses regenerasi kulit, sehingga kulit tidak gampang kering dan berkerut.

Khasiat minyak zaitun juga bisa mempertahankan bentuk serta kekencangan payudara. Sedangkan untuk tangan dan kaki, bisa mengurangi kulit yang menebal pada telapak kaki, mempertahankan kehalusan kulit, dan menguatkan kuku. Untuk merawat kesehatan kulit di tubuh secara keseluruhan bisa dioleskan ketika mandi.

Pereda sakit dan nyeri
Caranya : Campurkan kurang lebih 6 tetes minyak esensial lavender dengan 2 sendok makan minyak zaitun. Kemudian gunakan minyak ini sebagai minyak pijat di bagian yang sakit.

Mencegah Sakit Jantung
Anda tidak perlu mengonsumsi minyak zaitun dalam jumlah banyak untuk bisa mendapatkan manfaatnya. Menurut hasil temuan terbaru, cukup mengonsumsi dua sendok makan minyak zaitun dapat memangkas hampir setengah risiko kematian akibat penyakit jantung. Sedangkan konsumsi satu sendok makan minyak zaitu dapat memotong risiko penyakit jantung hampir 28 persen.

Minyak Zaitun Untuk Kecantikan
Membuat Kulit dan rambut kering
Caranya : Campurkan kuning telur dengan minyak zaitun dan oleskan pada wajah. Kemudian cuci bersih dengan air setelah 20 menit. Untuk mencerahkan kulit, tambahkan sedikit lemon ke dalamnya. Campuran ini juga bisa digunakan pada rambut yang kering, agar tumbuh subur dan bersinar.

Tabir surya
Caranya : Campurkan minyak zaitun dengan air teh (teh yang sudah direbus dan disaring) dalam ukuran yang sama. Kemudian usapkan ke seluruh tubuh dan wajah, dan diamkan selama 1 jam. Bilas tubuh dan wajah Anda tanpa sabun agar manfaatnya masih terasa.

Kuku rapuh
Caranya : Campur 1/4 cangkir minyak zaitun dengan minyak lemon dan ekaliptus (kayu putih). Lalu rendam kuku dalam campuran ini selama 20 menit.

Nah setelah Anda mengetahui secara pasti mengenai hal ini, maka kami berharap untuk selalu memfungsikan obat herbal ini untuk keperluan dalam keluarga, semoga bermanfaat tentang sedikit tulisan manfaat minyak zaitun.