Manfaat Sayur Dan Buah-Buahan

Manfaat Sayur Dan Buah-Buahan – Apa manfaat buah dan sayuran bagi kesehatan ? pentigkah kita mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari ? Sayur dan buah memang tidak bisa lepas dari menu keseharian kita, meskipun terkadang kita tidak tahu persis akan khasiat dan manfaat dari menu hidangan yang kita konsumsi tiap hari tersebut, bahkan apabila makan tanpa adanya sayuran serasa hidangan tersebut kurang segar dan nikmat. Nah dalam memilih menu sayuran tidaklah sulit sebab dipasar tradisional maupun supermarket terdekat sekarang telah tersedia aneka sayuran yang tentu tinggal pilih sesuai dengan selera kita bukan ?.

Begitu juga dengan buah-buhan, untuk mendapatkan beraneka macam buah malah lebih gampang, sebab dari jenis buah lokal hingga impor siap dibeli ditoko-toko buah dan supermarket terdekat. Keberadaan buah dan sayuran walaupun mudah didapatkan namun diantara kita masih ada juga yang belum peduli. Maksudnya meski harganya relatif terjangkau dan mudah diperoleh banyak yang masih enggan makan buah dan sayuran.

Padahal jika kita menyadari akan pentingnya manfaat dan buah-buahan tersebut maka akan sangat sayang sekali melewatkan mengkonsumsinya, terkecuali jika buah juga sayuran tersebut memang tidak terjangkau dengan keuangan kita. Maka dari itu kehadiran Superampuh.com akan memberikan sedikit pengetahuan yang mungkin bisa bermanfaat tentang pentingnya buah dan sayuran bagi kesehatan tubuh kita. Dalam sayur dan juga buah-buahan terdapat sumber makanan yang mengandung gizi lengkap dan menyehatkan.

Sayuran yang berwarna hijau sangat kaya akan sumber karoten (provitamin A). Semakin tua warna hijau sebuah sayuran maka semakin tinggi pula kandungan karotennya.
Warna yang terdapat dalam buah dan sayuran bukanlah sekedar pembeda antara satu dan lainya akan tetapi lebih dari itu, warna buah dan sayuran merupakan sumber informasi dari kandungan nutrisi gizi yang dikandungnya. Dari sini kita dengan mudah mengenali kandungan nilai nutisi dari jenis sayuran juga buah tersebut.

Lalu apa manfaat kandungan beta karoten untuk tubuh kita ?
Manfaat terbesar dari beta karoten yang terdapat pada sayuran dapat membantu proses penuaan dini, meningkatkan fungsi paru-paru, mencegah resiko penyakit kanker, juga bisa menurukan komplikasi pada penderita diabetes. Diantara sayuran berwarna hijau tua yang mudah di dapat dan berada disekitar kita biasanya daun singkong, daun pepaya daun kangkung, daun kelor, genjer dan daun katuk.

Kandungan vitamin yang terdapat dalam buah dan sayuran bermacam-macam. Nah salah satu yang dibutuhkan tubuh adalah antioksidan. Kenapa kok antioksidan? Karena antioksidan dalam sayur dan buah manpu bekerja mengikat serta menghancurkan radikal bebas yang kian hari kian tinggi, sehingga dengan demikian mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun, seperti racun yang berasal dari asap kendaraan dan lainya.

Kandungan rendah lemak, garam, serta gula pada sayuran dan buah sangat baik bagi anda yang lagi menjalankan program diet sebab pada buah dan sayur juga banyak terkandung serat alami yang sangat bermanfaat bagi tubuh terutama pada sistem pencernaan.

Perlu kita ketahui bahwa pada sayuran dan buah juga banyak mengandung fitokimia, atau disebut juga sebagai bahan kimia tanaman, yang mana zat ini aktif dan dapat membantu melindungi tubuh dari serangan berbagai macam penyakit. Menurut sebuah penelitian ilmiah menunjukkan apabila dengan teratur sering mengkonsumsi buah dan sayuran, maka akan dapat mengurangi dari resiko dari terjadinya serangan penyakit seperti diabetes, Stroke, Kanker, hingga tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Lantas apa yang sebenarnya kandungan buah dan sayuran yang sering kita konsumsi tersebut ? dalam buah-buahan dan sayuran terdapat banyak vitamin dan mineral. Vitamin dan mineral jelas sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk sistem metabolisme yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh itu sendiri. Contoh buah yang kaya vitamin A adalah alpukat, blimbing, apel, jambu, jeruk, mangga, dan pepaya. Sedangkan toge atau kecambah banyak mengandung atau sumber vitamin E.

Pada umumnya semua jenis buah mengandung banyak mineral, diantaranya kalium (K), kalsium (Ca), natrium (Na), dan zat besi (Fe). Sementara jenis buah yang banyak mengandung kalsium diantaranya srikaya sawo, arbai, nagka, jeruk nipis, dan buah salak. Dalam buah dan sayuran juga terdapat zat fosfor dan asam folat. Menurut sebuah penelitian menunjukkan asam folat yang terdapat dalam buah atau sayuran dapat mengurangi tingkat darah homocysteine, yaitu suatu jenis zat yang dapat menjadi faktor risiko terjadinya jantung koroner. Manfaat buah selengkapnya bisa anda baca disini.

Kesimpulanya pentingkah kita mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari ?
Mengkonsumsi buah dan sayuran merupakan salah satu elemen penting yang tidak bisa kita hindari oleh sebab itu dari keberadaan sayur dan buah-buahan yang sangat mudah kita dapatkan, apa lagi bisa menanam sendiri, memungkinkan kita untuk dapat mengkonsumsi sayuran juga buah tersebut dengan murah bahkan gratis. Kehadiran berbagai jenis penyakit yang diantaranya belum ditemukan obatnya, membuat para ilmuwan mulai melirik keberadaan pengobatan herbal, termasuk buah dan sayuran ini. Maka solusi cerdas menaggulagi datangnya penyakit secara natural yakni dengan kembali pada alam dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran secara rutin setiap hari.

Selanjutnya simak artikel Jenis Makanan Penangkal Radikal Bebas. Demikian sekilas artikel mengenai Manfaat Sayur Dan Buah-Buahan.