Manfaat Serat Bagi Tubuh

Manfaat Serat Bagi Tubuh – Fungsi Serat Bagi Tubuh – Pernahkah anda mengalami susah buang air besar (BAB), Atau BAB tidak rutin setiap hari ? Jika demikian salah satu faktor penyebab susah buang air besar karena kurangnya asupan serat dalam tubuh, Sehingga sistem kerja metabolisme tubuh menjadi kurang efektif. Apabila anda lebih memilih nasi dengan lauk saja, itu berarti pilihan anda sama dengan sebagian besar orang lain pada umumnya. Dalam hal hidangan sehari-hari umumnya orang lebih mementingkan lauk daripada menu yang mengandung buah sayur, dan biji-bijian yang merupakan sumber serat.

Seperti sumber karbohidrat dan protein yang memberikan energi, sesungguhnya sumber serat juga penting untuk dikonsumsi sehari-hari.
Serat makanan merupakan bagian dari karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada dindung sel tanaman. Serat tidak dapat dicerna atau diserap oleh saluran pencernaan manusia, namun memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan dan pencegah penyakit degeneratif.

Serat makanan terbagi menjadi dua kelompok, yaitu serat larut (soluble fiber) dan serat tidak larut (insoluble fiber). Nah sekarang apa beda kedua jenis serat secara fungsi ? Meski di bedakan, pada prinsipnya setiap orang perlu mengasup kedua kelompok serat makanan. Serat larut terdapat pada buah-buahan seperti apel, wortel, jeruk, pisang, pir, anggur, pepaya, mangga, bit, dan sayur seperti kol, brokoli, jagung, kacang polong, kacang hijau, serta kacang-kacangan pada umumnya.

Sedangkan contoh makanan yang kaya serat tidak larut adalah roti gandum, sereal, buah yang masih ada kulitnya, seperti apel, pir, kailan, bayam, kentang, tomat, wortel, kembang kol, kacang merah, dan jamur.

Apa Sebenarnya Manfaat Serat Pada Tubuh Kita ?

1. Serat makanan terbukti sangat bermanfaat menjaga kesehatan tubuh, mencegah penyakit, dan bisa berfungsi sebagai terapi pengobatan.

2. Manfaat serat pertama kali diketahui pada tahun 1970-an, yaitu untuk mencegah kontipasi atau sembelit. Pada penelitian-penelitian selanjutnya, serat juga diketahui membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah.

3. Dengan banyak mengonsumsi serat dapat menurunkan resiko terkena jantung koroner dan stroke.

4. Selain itu sejumlah penelitian menunjukkan diet rendah lemak dan tinggi serat dapat menguangi resiko kanker usus besar.
Manfaat serat yang pasti sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama sirkulasi dalam pencernaan, berkaitan dengan masalah BAB, jadi sebaiknya jika anda ingin sehat mulai sekarang banyak-banyaklah mengkonsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung banyak serat, sebab serat sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Semoga Manfaat Serat Bagi Tubuh bermanfaat bagi anda.