Manfaat Teh Hijau

Apa manfaat teh hijau bagi kesehatan dan kencantikan ? bisakah teh hijau untuk menurunkan berat badan ? Apa saja kandungan teh hijau ? Teh hijau sepertinya semakin populer di Indonesia itu terbukti dari tingkat penjualan yang semakin meningkat dan bertambahnya peredaran produk teh hijau di pasaran.

Teh hijau lebih populer dan sudah mentradisi di daratan seperti Tiongkok, Jepang, Hongkong, Taiwan, Timur tengah, Asia tenggara dan sekarang di negara barat pun ternyata teh hijau semakin dikenal oleh masyarakat sana.

Apa keistimewaan teh hijau dibanding dengan teh biasa ?
Bukan hanya bentuk dari sisi warna yang dapat membedakan dengan teh biasa akan tetapi yang jelas adalah dari kompisi kandungan yang terdapat dalam senyawa dari teh hijau itu sendiri, yang konon mampu menyembuhkan berbagai jenis penyakit, juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Lantas apa saja kandungan teh hijau tersebut ?
Kandungan teh hijau memang sangat kompleks sehingga tak mengherankan apabila teh ini sangat ampuh dalam mengatasi penyakit dan menjaga kesehatan tubuh.

Berikut kandungan senyawa teh hijau selengkapnya :

Katekin berfungsi bisa menurunkan kadar kolesterol, menurunkan tekanan darah dan kadar gula dalam darah, sebagai anti kanker, factor anti mutant, membantu kerja ginjal dan mencegah terjadinya batu empedu.

Polifenol atau tanin berfungsi untuk memperlancar pencernaan, membunuh bakteri disentri, memiliki fungsi anti oksidan dan melarutkan lemak.

Kafein berfungsi menstimulasi pusat syaraf, memperlancar sirkulasi darah, membantu fungsi ginjal, meningkatkan konsentrasi.

Minyak esensi bermanfaat untuk memperlancar pencernaan dan melarutkan lemak dan sebagai sumber aroma teh.

Flavanols berfungsi untuk menguatkan pembuluh darah, memiliki fungsi antioksidan.

Fluoride berfungsi untuk mencegah kerusakan gigi.

Chloropil berguna untuk mengharumkan bau mulut.

Monocitrate bermanfaat Mencegah bau mulut ( nafas tidak segar ).

Vitamin B komplek Membantu metabolism karbohidart

Vitamin C berfungsi mencegah dan melawan influenza, mengurangi stress, menurunkan tekanan darah tinggim memiliki fungsi anti oksidan, melindungi kornea mata dan sinar UV ( mencegah katarak ).

Vitamin E mencegah penuaan dini, mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke, mencegah pembentukan lemak di pembuluh darah.

Lalu apa saja manfaat teh hijau bagi kesehatan ?

Teh hijau mampu mengurangi peradangan periodontal. Dalam sebuah penelitian oleh American Academy of Periodontology di tahun 2009 mengungkapkan bahwa orang meminum minimal satu cangkir teh hijau setiap hari memiliki kesehatan periodontal (jaringan penyangga gigi) yang baik dibandingkan mereka yang tidak minum teh hijau.

Membunuh sel kanker mulut. Polifenol, antioksidan yang terdapat dalam teh hijau, dipercaya mampu menetralisir risiko kanker yang disebabkan oleh adanya radikal bebas dan terbukti telah mampu membunuh sel-sel kanker mulut.

Menghambat pembentukan plak gigi. Mengonsumsi teh ini dapat mencegah munculnya kerusakan pada gigi. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan minum atau berkumur menggunakan teh hijau dapat menghambat pembentukan plak gigi dan mencegah terjadinya karies gigi.

Teh Hijau Bisa Menangkal Hepatitis C. Flavonoid yang terkadung dalam teh hijau bisa mencegah virus hepatitis C (HCV) masuk ke hati. Menurut peneliti yang dilakukan di Jerman mengungkap epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang terkadung dalam teh hijau dapat mencegah masuknya HCV setelah transplantasi hati ( penggantian hati ).

Para peneliti berpendapat bahwa EGCG dapat menghambat masuknya sel HCV dengan bertindak pada sel inang (host) sebagai pelindung. Pretreatment sel dengan EGCG tidak mengurangi infeksi, namun bisa menghambat penyebaran HCV.

Apa manfaat teh hijau bagi kecantikan ?

Teh hijau bermanfaat sebagai pelindung alami dari sinar matahari. Baik sebagai minuman maupun dioleskan pada kulit, teh hijau memiliki efek perlindungan terhadap sinar matahari. Jika ingin digunakan langsung pada kulit, seduh dua sendok makan daun teh hijau. Biarkan sampai dingin lalu saring dengan bahan kain yang lembut. Gunakan kain yang basah tersebut untuk mengompres bagian yang akan terkena sinar matahari. Biarkan sampai kering. Lakukan ini setidaknya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari.

Teh hijau bermanfaat mengatasi mata panda. Kurang tidur seringkali menyebabkan kantung mata atau mata bengkak. Hal ini bisa juga diatasi dengan kandungan tanin yang terdapat dalam teh hijau. Gunakan bekas kantung teh hijau yang sudah diseduh. Kompres di atas mata yang tertutup selama 20 menit. Kandungan tanin bisa membantu mengurangi bengkak dan mengembalikan kesegaran kulit di sekitar mata.

Teh hijau bermanfaat untuk menyuburkan rambut. Studi yang dilakukan ilmuwan Korea di National University College of Medicine menemukan epigallocatechin-3-gallat yang terkandung dalam teh hijau bisa membantu meningkatkan kesuburan rambut. Teh hijau juga terkenal meningkatkan metabolisme yang bisa turut merangsang pertumbuhan rambut. Beberapa produk rambut seperti serum atau shampo juga sering menggunakan panthenol yang terkandung dalam teh hijau. Panthenol bisa membantu memperkuat rambut dan mengurangi risiko rambut bercabang.

Teh hijau mengurangi jerawat dan muka berminyak. Kandungan antioksidan, mineral, dan vitamin yang ada di dalam teh hijau, bisa menciptakan toner alami yang sempurna untuk mengurangi minyak berlebih pada wajah. Tuangkan teh hijau pada cetakan es lalu masukan dalam freezer. Setelah terbentuk menjadi es, gunakan satu blok pada wajah setiap hari dengan mengoleskannya secara merata. Lalu, diamkan hingga kering. Masker wajah dari teh hijau juga dipercaya bisa mengurangi jerawat. Kantong teh yang dikompres langsung pada jerawat atau membuat masker daun teh hijau yang dicampur dengan putih telur dipercaya bisa mengurangi timbulnya jerawat. Tentunya perawatan ini harus dilakukan secara teratur.

Mengatasi Bengkak pada Mata. Karena kandungan antioksidannya. Caranya : Ambil dua kantung teh hijau yang sudah sudah dicelupkan, taruh di dalam kulkas selama 10 menit atau biarkan dingin. Gunakan pada kedua kelopak mata.

Menangani Glukoma. Kandungan antioksidan membuat kulit awet muda dan kencang, hingga menangani masalah serius, seperti glaukoma. Teh hijau mampu mengurangi gejala penyakit periodontal (penyakit peradangan) kronis yang memengaruhi gusi dan jaringan penyangga gigi, yang berkaitan dengan perkembangan penyakit lain, jantung dan diabetes.

Mengurangi Risiko Kanker. Antioksidan dalam teh hijau berkhasiat menjauhkan sel kanker di tubuh. Menekan pertumbuhan sel-sel kanker, memadamkan terbentuknya pembuluh darah baru yang djadikan tempat berkembangnya tumor.

Menghaluskan kulit. Kandungan antiseptik alami yang dapat mengurangi gatal-gatal maupun bengkak. Termasuk juga luka karena terbakar matahari dan sebagainya. Caranya : oleskan cotton pad yang telah diberi teh hijau ke luka kecil seperti tergores, memar, maupun terkena gigitan hewan.

Melindungi Kulit. Teh hijau yang dikonsumsi atau dioleskan langsung pada kulit dapat membantu memblok kanker kulit. Karena itu, cukup banyak produk moisturizer maupun sunscreen yang menggunakan ekstrak teh hijau.

Menurunkan Tekanan Darah. Kandungan teanin di teh hijau yang bersifat antihipertensif adalah kunci untuk menurunkan tekanan darah.

Melindungi Ingatan<. Teh hijau bisa menjaga pikiran agar tidak linglung. Caranya minum teh hijau setidaknya dua gelas sehari.

Membuat Awet Muda. Kandungan vitamin E nya akan membuat awet muda. Dan lagi semakin muda dan sehat pembuluh darah utama, maka semakin muda dan sehat pula Anda.Teh hijau dapat membantu melancarkan pembuluh darah, dan mengurangi risiko serangan jantung maupun stroke. Konsumsi sekitar 10 ons setiap harinya.

Mengurangi Berat Badan. Teh hijau dapat mempercepat pembakaran kalori dalam tubuh. Bagi yang ingin diet, memilih teh hijau sebagai minuman tiap hari, adalah pilihan yang sangat tepat dan sehat.

Nah, semakin beragam bukan khasiat teh hijau ? maka dari itu sebaiknya mulai dari sekarang membiasakan diri untuk selalu mengkumsumsi teh hijau walaupun dari sisi harga mungkin lebih mahal daripada teh biasa namun dari segi manfaat sepertinya tidak bisa diragukan lagi.
Semoga membawa faedah dari artikel yang Superampuh.com haturkan berkaitan tentang manfaat teh hijau.