Mengobati Batuk Dengan Cara Aman Terkendali

Cara Mengobati Batuk atau Cara Mengatasi Batuk berdahak. Apa penyebab batuk, dan bagaimana cara pencegahanya lalu bagaimana cara mengobati batuk secara alami ? Langkah mengobati batuk secara alami memang sedikit ribet namun sangat aman, aman terkendali !…. Batuk memang tidak bisa lepas dalam kehidupan normal manusia, sepertinya tidak ada manusia dipermukaan bumi ini yang belum pernah merasakan batuk walaupun hanya batuk karena tersedak akibat menelan ludah sekalipun. Bukan hanya orang sakit yang bisa menderita batuk akan tetapi orang sehatpun juga bisa terserang batuk, orang lagi asyik tertawapun bisa sampai terbatuk-batuk juga.

Lantas apa sebenarnya penyebab batuk itu sendiri ?
Penyebab batuk sebenarnya sangat variatif tergantung yang melatar belakangi batuk itu sendiri lantaran saking banyaknya indikasi jenis batuk yang menyerang seseorang, dari batuk ringan sampai batuk berbahaya akibat penyakit tertentu. Adapun penyebab batuk yang biasa dialami dimasyarakat kita pada umumnya adalah akibat infeksi saluran pernafasan yang merupakan gejala awal flu juga ISPA atau infeksi salauran pernafasan bagian atas (batuk pilek), ada juga karena alergi.

Nah untuk lebih jelasnya berikut jenis batuk dan penyebabnya :

1. Batuk kering Penyebabnya asma, masuk angin, dan bronchiolitis, batuk ditandai dengan suara nyaring serta membuat perut terasa sakit, menyerang lebih sering dimalam hari.

2. Batuk Basah atau batuk berlendir penyebabnya infeksi atau asma, ciri batuk ini diiringi dahak atau lendir.

3. Batuk bronchiolitis disebabkan infeksi virus yang terjadi pada saluran udara kecil pada paru-paru, juga karena asma, ciri batuk ini saat bernafas diiringi dengan suara nyaring seperti bersiul.

4. Batuk sesak penyebabnya adalah virus mengakibatkan pembengkaan pada pangkal tenggorokan dan batang tenggorokan, menimbulkan suara nafas yang keras. Batuk dengan suara nafas yang keras, seperti ada lendir di dalam dada.

5. Batuk rejan pemicunya adalah bakteri pertussis, yang dapat menular melalui percikan cairan dari hidung atau mulut orang yang terinfeksi, yang dapat keluar karena bersin, batuk, atau tertawa. Batuk jenis ini sampai membuat penderitanya ingin muntah, dan bisa menyerang tanpa batas usia dari bayi hingga orang dewasa.

6. Batuk alergi, ciri batuk ini diikuti dengan bersin-bersin, penyebabnya debu, asap, dan bau.

7. Batuk pilek penyebabnya virus dan Ispa, perubahan cuaca (pancaroba), imunitas yang trlalu rendah. Batuk ini biasa menyerang disaat flu atau pilek, di awali dengan deman terlebih dahulu.

Bagaimana cara menyembuhkan batuk ?
Penanganan dan penyembuhan batuk (Mengobati Batuk) bisa dilakukan dengan berbagi cara baik melalui pengobatan maupun terapi sedangkan pengobatan batuk sebaiknya memilih obat batuk herbal yang lebih aman tanpa efek samping, dengan harga murah serta hemat biaya.

Berikut resep ramuan tradisional untuk mengobati batuk secara alami

Dengan bahan-bahan :
Jeruk Nipis
– Madu atau Kecap

Cara membuat ramuan mengobati batuk:
Ambil jeruk nipis, cuci bersih, lalu iris menjadi 4 bagian peras ambil airnya tuangkan dalam gelas, campur dengan madu, jika tidak ada madu gunakan kecap, seukuran 1 sendok makan. Diminum secara rutin 2 atau 3 kali sehari, ramuan ini juga sudah banyak yang membuktikan, termasuk keluarga saya.

Selain ramuan diatas bisa juga menggunakan bahan-bahan sebagi berikut :

- Daun sirih 7 lembar
– Kencur, iris-iris 30 gram
– Gula batu secukupnya

Cara meramu :
Cuci sampai bersih semua bahan kemudian rebus dengan 600 cc air hingga airnya tersisa 300 cc, lalu saring, tambahkan gula batu. Minum ramuan ini 2 kali sehari sampai batuk anda sembuh.

Mengobati Batuk dengan kencur, jahe, cengkeh :

- 1 potong jahe
– 1 potong kencur
– 5 biji cengkeh

Cara meramu : semua bahan diseduh dengan air matang diminum hangat-hangat. Lakukan sehari sekali selama 3 hari.

Ramuan obat batuk atau mengatasi batuk lebih dari 100 hari dan kering :
Bahan dan cara meramu :

Ambil 30 gram umbi bidara upas yang masih segar lalu bersikan atau cuci dengan air bersih kemudian diparut. Tambahkan 2 sendok makan air masak. Saring lalu tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk sampai rata kemudian diminum 3 kali sehari.

Mengobati Batuk dengan Bunga Mawar
Ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.

Mengobati Batuk dengan Daun Sirih
Caranya, ambil daun sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira-kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

Mengobati Batuk dengan serai
Caranya siapkan beberapa gram akar serai, kemudian dicuci bersih, setelah itu rebus dengan satu gelas air kira-kira 15 menit. Setelah dingin baru dapat dikonsumsi. Minuman herbal ini dapat dikonsumsi sehari satu gelas.

Mengobati Batuk dengan Daun Asam Muda
Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

Lalu bagaimana cara mengobati batuk pada bayi dan anak kecil ?
Untuk mengatasi batuk pada bayi dan anak kecil gunakan bunga belimbing wuluh dicampur dengan gula batu. Ramuan ini selain aman juga tidak pahit sehingga bayi dan si kecil cenderung menyukainya.

Berikut bahan dan cara meramunya :

- Bunga belimbing wuluh secukupnya.
– Gula batu secukupnya.
– Sedikit air.

Cara membuat ramuan : campur bunga belimbing wuluh dengan gula batu kemudian dipanaskan atau dimasak seperti menanak nasi, berikan sedikit air supaya gula batu cepat menjadi cair sehingga mengental seperti sirup. Minumkan pada bayi atau anak anda 3 kali sehari selama menderita batuk. Ramuan jenis ini juga bisa digunakan untuk mengobati batuk orang dewasa.

Bagaimana mencegah dan mengatasi batuk dengan cerdas ?
Cara mudah mengatasi batuk adalah dengan selalu menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang sisertai dengan olah raga cukup sehingga membuat imunitas tubuh lebih kuat sehingga kebal terhadap semua jenis serangan penyakit, termasuk diantaranya penyakit batuk. Konsumsi buah dan sayuran yang banyak mengandung vitamin C (baca artikel manfaat buah dan sayuran). Bisa juga lakukan mengkonsumsi sup sayuran dengan bumbu bawang putih akan sangat membantu. Karena bawang putih banyak mengandung bahan kimia yang bisa berfungsi antimikroba, antivirus dan antiprotozoa (antibiotik alami), dan perbanyak minum air putih. Selanjutnya baca artikel Cara mengatasi sakit tenggorokan.

Mengobati Batuk