Mengobati Sakit Maag Dengan Berpuasa

Mengobati Sakit Maag Dengan Berpuasa – Tips Sehat Selama Berpusa – Sebagai umat Islam berpuasa merupakan suatu kewajiban yang tidak bisa ditinggalkan, namun tidak jarang diawal berpuasa atau mungkin yang punya masalah dengan lambung akan sedikit mengalami kendala dalam menunaikan ibadah yang mulia ini. Nah salah satu masalah kesehatan yang kerap kali dikeluhkan adalah kambuhnya penyakit maag.


Seperti yang kita ketahui dalam berpuasa berarti saluran cerna kita tidak mendapat makanan maupun minuman selama kurang lebih 14 jam, nah kosongnya lambung dapat mengakibatkan kambuhnya sakit maag. Dari penelitian yang dulakukan oleh para peneliti selama berpuasa akan terjadi peningkatan asam lambung dan akan kekbali normal setelah berpuasa selesai. Selain itu juga lambung juga akan mngadakan proses adaptasi dengan pola makan yang berubah, sehingga seringkali pada awal-awal puasa keluhan nyeri di lambung atau sakit maag meningkat.
Supaya kita bisa menjalankan puasa dengan nyaman hendaknya kita memperhatikan hal-hal berikut selama mejalankan ibadah puasa :

1. Tepat Waktu.
Jangan sampai lewatkan sahur danjangan tunda berbuka puasa.

2. Nutrisi Yang Tepat.
Makanlah dengan gizi seimbang dan lengkap selama berpuasa. Disaat sahut tubuh memerllukan makanan yang bergizi dan kaya serat, sedangkan saat berbuka puasa awali dengan minim air dan makan yang manis dahulu misal kurma seperti yang disunnahkan nabi, sesudah sholat mahgrib lanjutkan makan besar dan lengkap, sesudah taraweh atau sebelum tidur dapat mengkonsumsi makanan ringan dan perbanyak numum air agar tidak terjadi dehidrasi juga untuk membantu proses pencernaan.

3. Sahurlah mendekati waktu imsak (sunnah Nabi)/

4. Makanlah makanan yang mudah dicerna, misal : sedikit nasi, telur, sayur, tempe/tahu.

5. Selama sahur minumlah air hangat atau jus buah segar.

6. Seelah makan sahur selaesai hendaknya tidak langsung beraktivitas berat atau kembali tidur beri waktu sekitar 30 menit agar makanan masuk kedalam pencernaan dengan sempurna.

7. Apabila tiba waktu berbuka datang segera berbuka awali dengan minum putih dan mengkonsumsi yang manis seperti kurma (sunnah Nabi) supaya cepat terserap oleh saluran cerna .

Untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar selama menjalankan puasa kita harus melakikan makan sehat, berpikir sehat, istirahat sehat, aktifitas sehat, dan lingkungan yang sehat pula. Dengan menjalankan ibadah puasa yang benar maka akan mendapatkan tubuh yang sehat bahkan menurut penelitian akan bisa mengobati sakit maag anda, jadi yang punya masalah dengan urusan lambung jangan sampai meninggalkan ibadah puasa justru dengan menjalankan puasa Insya Alloh sakit maag anda akan sembuh total. Semoga bermanfaat. Baca juga Cara mengobati penyakit liver. Demikian Mengobati Sakit Maag Dengan Berpuasa.