Mengobati Sariawan Dengan Cepat

Sariawan. Bagaimana cara mengobati sariawan dengan cepat, apa penyebab sariawan, dan bagaimana cara mengatasi sariawan di lidah dan tenggorokan secara alami dengan ramuan tradisional ? Bisakah ubi ganyong mengobati panas dalam dan sariawan ?

Sariawan atau yang disebut juga stomatitis merupakan radang yang terdapat pada mukosa mulut, berupa bercak putih kekuningan, walaupun bukan merupakan penyakit berbayaha namun sariawan cukup membuat penderitanya menjadi terganggu dan kurang nyaman, bahkan sulit untuk makan, minum serta berbicara juga terasa nyeri. Penyakit ini bisa bersarang pada bagian gusi, lidah, langit-langit rongga mulut, bibir bagian dalam, serta selaput lendir bagian dalam.

Apa penyebab sariawan mulut dan lidah ?
Sariawan biasanya disebabkan karena virus yang ada dalam tubuh, juga bakteri akibat sakit tenggorokan dan penyakit lain. Penyebab sariawan bisa dipicu oleh sistem imunitas yang rendah pada seseorang, kekurangan vitamin, riboflavin, miacin dan B12, masalah pada sistem pencernaan, luka pada mulut, makan minum yang terlalu panas, terlalu banyak makan pedas, dan kurangnya menjaga kebersihan mulut.

Bagaimana cara mengobati sariawan dan panas dalam secara alami ?
Dalam mengobati dan penyebuhan sariawan baik di mulut, lidah, gusi maupun ditenggorokan sebaiknya dilakukan dengan cara alami menggunakan obat tradisional yang bisa kita ramu sendiri menggunakan tanaman obat seperti daun jambu biji, daun sirih, rimpang temu kunci, rimpang temu lawak, juga ubi ganyong untuk panas dalam.

Nah berikut ini cara membuat obat sariawan dari bahan-bahan alami yang telah kami sebutkan diatas.

Bahan-bahan :
- Ubi ganyong 30 gram
- Rimpang temu lawak 30 gram
- Air 700 ml

Cara meramu dan menggunakannya :

Semua bahan dibersihkan lalu direbus sampai mendidih selama 15 menit. Diminum hangat-hangat 2 kali dalam sehari.

Obat yang lainya bisa anda buat menggunakan bahan-bahan, diantaranya :

1. Rimpang Temu Kunci.
Cara menggunakan ramuan : rimpang temu kunci di kunyah lalu di telan. Mengunyah irisan rimpang bisa dilakukan bersama pinang (jambe) selain bisa menyembuhkan sariawan juga dapat menyembuhkan batuk kering.

2. Daun Jambu Biji
Cara meramu dan menggunakan : Rebus dalam 1 liter air: 1 genggam daun jambu biji segar dan 1 jari kulit batangnya. Saring air hasil rebusan dan minum sehari 2 kali

3. Daun Sirih
Cara meramu dan menggunakan : Petik 1 atau 2 lembar daun sirih. Cuci daun hingga bersih lalu kunyah hingga lumat. Biarkan daun sebentar di dalam mulut terutama dibagian yang terkena sariawan.

Bagaimana cara mencegah sariawan ?
Mencegah sariawan bisa anda lalukan dengan selalu menjaga kesehatan makan dan minum yang bergizi bernutrisi tinggi, untuk membuat daya tahan tubuh kuat, selalu jaga kebersihan mulut secara kontinyu, membatasi konsumsi makanan tinggi ragi dan gula, menghindari makanan yang terlalu panas dan pedas, serta mengatur pola makan yang baik dengan mengurangi makanan yang dapat memicu iritasi pada lapisan mukosa mulut. Pelan dan selalu hati-hati saat menyikat gigi untuk menghindari benturan, jangan berbicara dan terburu-buru saat mengunyah makanan guna menghindari tergigitnya bagian lidah yang rawan terhadap timbulnya sariawan.

Bagaimana mencegah dan mengobati sariawan pada bayi ?
Nah jika bayi anda menderita penyakit ini langkah dan solusi terbaik adalah dengan sering membersihkan semua dot dan puting botol dengan cuka putih dan air.

Mengobati Sariawan