Menu Makanan Bayi Usia 6 Bulan Keatas

Menu Makanan Bayi Usia 6 Bulan Keatas. Menu makanan bayi 6 bulan – menu makanan bayi 1 tahun keatas – Belum tahu menu makanan bayi anda hari ini, masih binggung juga cara membuatnya ?
Apabila anda mempunyai anak balita berumur 6 bulan dan Masih binggung memberi menu tambahan makanan pendamping ASI ? lalu apa saja menu tambahan tersebut dan bagaimana cara membuatnya ? Nah bagi para Ibu rumah tangga yang merasa binggung membuat atau memberi makanan tambahan pendamping ASI kali ini Superampuh.com akan mencoba menghadirkan menu makanan untuk bayi pada usia 6 bulan keatas terbuat dari aneka macam buah dan sayuran secara alami yang bergizi.

Kehadiran si kecil disisi kehidupan kita yang pasti akan menambah semakin lengkapnya suasana rumah tangga. Merawat si kecil merupakan prioritas utama dalam rangka memberi gizi penunjang dalam proses pertumbuhan pada bayi. Pemberian asupan makanan dengan nutrisi gizi seimbang pada bayi akan memberikan dampak positif bagi kecerdasan juga pertumbuhan lebih yang maksimal kedepanya, dengan demikian memberikan makanan sehat bergizi merupakan kunci utama, terutama jika si kecil sudah menginjak diusia 6 bulan.

Banyak para orang tua terutama si Ibu belum memperhatikan betul akan pentingnya menu makanan tambahan pendamping ASI ini, hal ini terjadi kemungkinan si orang tua yakni si Ibu belum mengerti juga paham bagaimana jenis menu dan cara membuat menu tambahan pendamping ASI di usia tersebut karena kurangnya sosialisasi dan jauhnya dari media masa. Barangkali jika tinggal diperkotaan tidak akan menjadi masalah akan tetapi apabila tinggal di pelosok desa, tugas instansi terkait dalam memberi sosialisai dalam hal penerapan gizi seharusnya semakin ditingkatkan, sehingga kejadian akiabat gizi buruk tidak terus terulang.

Lantas makanan jenis apa saja yang terbaik pada usia 6 bulan keatas ?

Ketika usia bayi sudah menginjak usia 6 bulan, seharusnya orang tua memahami, bahwa di usia tersebut bayi sudah memiliki refleks mengunyah serta organ pencernaan bayi sudah mulai menguat. Oleh karena itu diperlukan makanan pendamping ASI terbaik. Bentuk makanan tambahan ini sebaiknya makanan dalam jenis lumat seperti bubur susu, biskuit yang dicampur susu, dan juga dari jenis bubur dari bahan buah-buhan yang lain.

Nah dalam pemberian makanan tambahan orang tua hendaknya lebih bijak dengan membuatkan sendiri makanan jenis bubur daripada membelikan secara instan makanan pendamping ASI yang dijual dipasaran. Kenapa demikian selain lebih aman dengan membuat makanan sendiri, diharapkan lebih hemat dan yang terpenting bisa mengelola komposisi nilai gizi sesuka kita, artinya sangat perlu dan harus pandai-pandai menjaga kuwalitas nilai gizi, juga bisa membuat menu berbeda disetiap waktu dengan mengedepankan bahan-bahan yang masih alami.

Menu Makanan Bayi Usia 6 Bulan Keatas
Perlu diperhatiakan dalam pemberian menu tambahan makanan bayi 6 bulan ini sebaiknya dilakukan secara bertahap, bertujuan untuk proses pengenalan makanan pertama pada sang bayi. Caranya anda berikan cukup sebanyak dua sendok makan saja selama dua kali sehari, setelah itu lakukan menurut aturan yang sesuai.

Berikut ini cara membuat dan jenis bahan makanan alami sebagai makanan pendamping ASI yang akan Superampuh.com persembahkan :

1. Membuat menu makanan tambahan dari brokoli.
Pada pertemuan kemarin telah kami hadirkan juga Membuat bubur kentang brokoli. Seperti yang kita ketahui brokoli mengandung nutrisi dan merupakan sumber vitamin yang baik bagi tubuh. Kandungan vitamin C seerta betacarotene yang terkandung dalam brokoli merupakan sumber nutrisi dan anti oksidan yang baik bagi bayi anda. Sementara pada ikan salmon memiliki kandungan fatty acid yang baik bagi perkembangan otak si kecil pada masa awal pertumbuhannya. Paduan kedua bahan ini yaitu brokoli dan salmon adalah pilihan menu sehat bagi bayi anda.

Baik kita awali dengan membuat menu dari salmon dan brokoli dengan Saus Keju.
Bahan-bahan :

75gram fillet ikan salmon
15 gram Butter
50 gram brokoli
15 gram tepung
200 ml susu
20 gram keju gruyere
2 sendok makan keju parmesan
2 sendok makan mascarpone

Cara Membuatnya :
Taruh ikan salmon diatas piring lalu lumuri dengan butter. Tutup dengan alumunium foil, berikan sedikit lubang sebagai ventilasi sirkulasi udara. Langkah selanjutnya masukan di microwave selama kurang lebih satu setengah jam. kemudian kukus brokoli selama kurang lebih sampai 4 menit.

Langkah untuk membuat saus keju:
Lelehkan butter, aduk bersama tepung dan masak hingga satu menit. Perlahan-lahan tuang susu kedalam adonan, aduk kembali dengan api kecil selama kurang lebih 3 menit samapai saus mengental. Kemudian matikan apinya, aduk keju gruyere dan keju parmesan sampai meleleh, lalu aduk bersama dengan mascarpone. Haluskan ikan salmon, lalu potong brokoli dengan potongan kecil-kecil, aduk ke dalam saus keju, dan siap disajikan.

2. Membuat menu tambahan dari Pure Pisang dan Tahu.
Anda tentu sudah mengenal tahu, ternyata juga bisa menjadi makanan yang lezat dan bergizi bagi bayi anda. Selain rasanya yang khas, juga kandungan proteinnya cukup tinggi serta kaya akan nutrisi, seperti zat besi, kalsium, dan potasium. jika dikombinasikan dengan buah atau sayuran yang tepat, tahu bisa menjadi alternatif menu makan siang bagi si kecil anda.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1 buah pisang berukuran kecil
50 gram (3 ons) tahu (pilihlah tahu jenis soft tahu, yang lembut untuk dikonsumsi bayi)

Cara Membuanya :
Kupas dahulu serta haluskan dahulu buah pisang lalu campurkan dengan tahu yang sudah matang, kemudian lumatkan hingga menjadi pure. Buah pisang ini bisa anda tambah dengan buah lain seperti buah persik, buah mangga dan buah aprikot.

3. Membuat menu tambahan dari pure bubur kentang.
Bahan-bahan:
– 250 gram kentang
– Kaldu ayam/sapi secukupnya.

Cara Membuatnya :
1. Cuci dahulu hingga bersih kentang lalu rebus sampai matang, kemudian kupas dan haluskan.
2. Campur dengan kaldu ayam/sapi, kekentalan sesuai kebutuhan.

Nah untuk jenis menu tambahan makanan pendamping ASI untuk bayi diatas usia 6 bulan lainya, silahkan anda lihat disini. Apabila anda mempunyai problem dengan masalah pola makan anak anda silahkan baca Cara mengatasi Anak Susah Makan Dengan Cepat, Bagaimana mudah bukan membuat Menu makanan bayi ? …