Obat Batuk Pilek

Obat batuk pilek tradisioanal apa yang bisa dengan cepat memyembuhkan ? apa penyebab batuk pilek dan bagaimana cara cepat untuk mengatasinya ? Tidak ada yang belum pernah mengalami sakit yang bernama batuk pilek, selalu orang yang hidup dengan normal pastilah pernah menderita batuk pilek, walaupun dokter ahli sekalipun pastilah pernah mengalami batuk pilek. Jadi jenis penykit ini merupakan suatu penyakit umum yang bisa dan biasa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu.

Munculnya batuk pilek lebih umum menyebar lewat adanya bakteri atau virus dari seseorang yang terlebih dahulu terinfeksi lewat tetesan bersin ke udara. Tetesan dari bakteri dan virus yang terbang ke udara merupakan jalan atau penyebaran yang umumnya terjadi pada batuk pilek. Baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Nah melalui penyebaran ini sekitar 200 jenis virus pembawa pilek bisa menular dari satu orang ke orang yang lain. Tentu akan cenderung lebih mudah tertular bagi yang punya imunitas tubuh rendah.

Lantas apa penyebab batuk pilek ?
Semua sepakat bahwa kondisi virus pembawa batuk pilek mudah sekali mewabah terutama disaat pancaroba atau disaat sedang pergantian musim baik musim kemarau tau juga pada musim hujan ketika kondisi cuaca di dominasi bersuhu dingin. Penurunan adanya suhu di sekitar dan kekebalan tubuh yang rendah adalah penyebab utama terjadinya batuk pilek.

Ciri khas batuk pilek akan lebih mudah dikenali seperti keluarnya ingus atau lendir dari rongga hidung, biasanya di awal gejala ini cairan tersebut berwarna putih bersih yang membuat penderitanya mengalami panas dingin atau demam, sakit di kepala, nyeri otot, hidung tersumbat dan gatal juga panas pada tenggorokan yang menandakan akan muncul gejala batuk. Batuk biasanya terjadi sebelum atau sesudah pilek menyerang juga ada yang beriringan.

Batuk pilek pada anak akan lebih sulit di obati ketimbang batuk pilek yang terjadi pada orang dewasa, anak-anak lebih mudah terserang penyakit karena imunitas mereka yang tidak stabil dan cenderung lebih lemah. Dalam kondisi demikian sebenarnya bukan hanya batuk pilek saja yang mudah menyerang akan tetapi jenis penyakit lain juga berpotensi serupa.

Apabila anak kita terserang batuk pilek atau terkena flu, sebaiknya si orang tua tidak boleh panik, kita selaku orang tua sebaiknya melakukan pengobatan alternatif dengan memanfaatkan ramuan herbal, yang bisa kita ramu dengan mudah dirumah.

Nah berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah ketika anak Anda terserang batuk pilek :

1. Perbanyak minum air putih sebagai pengencer dahak.

2. Apabila saluran nafas tersumbat berilah air garam yang steril bisa di berikan sebagai tetes hidung untuk mengencerkan ingus.

3. Menghirup uap air hangat.

4. Jemurlah bayi di pagi hari dibawah sinar matahari.

5. Konsumsilah sup sayuran dengan bumbu bawang putih. Kandungan zat kimianya dapat berfungsi sebagai antiprotozoa, antimikroba serta antivirus. Bawang putih merupakan antibiotik alami terbaik selengkapnya baca artikel Manfaat bawang putih.

6. Konsumsi vitamin C dosis tinggi, pilih vitamin C dari alam, seperti jeruk, dan buah lain. Vitamin C akan bermanfaat untuk mengurangi parahnya penyakit batuk pilek.

7. Setelah anak tidur letakkanlah ember berisi air mendidih di dalam ruangan agar udara tidak kering.

8. Cucilah tangan sesering mungkin ketika mengalami batuk pilek supaya virus tidak mudah menyebar.

Nah apabila batuk pilek terjadi pada orang dewasa maka bisa melakukan hal-hal berikut :

1. Konsumsi 1 sendok madu setiap hari, dengan mengonsumsi satu sendok madu murni yang alami setiap hari maka dapat menyingkirkan batuk. Setelah sembuh sebaiknya konsumsi secara rutin untuk pencegahan. Tentang manfaat madu baca, Manfaat madu untuk pengobatan.

2. Berkumur dengan air garam.
Berkumurlah setidaknya empat kali dalam sehari dengan air garam. Caranya ambil satu sendok teh garam dan dicampur dengan air hangat. Bahan ini berkhasiat untuk mengatasi batuk dan pilek Anda.

3. Mengonsumsi sup hangat. Saluran udara mampu dibersihkan dengan sup hangat, keberadaan sup juga memberikan energi dan kekuatan yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsilah sup hangat yang terdiri dari ayam dan sayuran yang tentu bagus bagi tubuh.

4. Mandi menggunakan air panas.
Buatlah tubuh Anda menjadi tenang juga rileks dengan menggunakan air panas untuk mandi. Bernapas pun akan menjadi lebih mudah sebab mandi dengan air panans membantu meringankan lendir yang bertumpuk di dada.

Selain menerapkan tips diatas sebaiknya juga buat ramuan berikut apabila penyakit Anda belum juga sembuh.

Sediakan air teh kental sebanyak 3/4 gelas, kemudian air jeruk nipis sebanyak tiga sendok makan dan gula batu sebesar telur ayam. Sedangkan cara meramunya campurkan semua bahan tadi lalu diaduk sampai larut.

Nah untuk cara pengobatanya untuk orang dewasa minum tiga kali sehari satu ramuan. Sedangkan bagi anak-anak tiga kali sehari setengah cangkir saja. Perlu diperhatikan bagi anak yang masih balita jangan diberi ramuan ini.

Mengobati batuk pilek bagi orang dewasa maupun anak-anak sebenarnya mudah yang sulit justru menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan berimunitas tinggi, sebab memerlukan kesadaran tinggi baik menyangkut pola makan, kesadaran akan kebersihan juga pengetahuan yang cukup akan kesehatan. Semoga bermanfaat sekilas tulisan mengenai cara mengatasi flu dalam tema obat batuk pilek.