Pengobatan Alami: Obat Penyakit Gondok

Obat Penyakit Gondok Beracun. Apa penyebab penyakit gondok, bagaimana tanda dan gejalanya lalu bagaimana pula pengobatanya?

Gondok merupakan suatu penyakit yang terjadi akibat pembengkakan dan benjolan yang terjadi pada bagian leher bagian depan. Kondisi ini bisa saja terjadi baik dari anak kecil maupun pada orang dewasa.

Apa Penyebab Penyakit Gondok ?
Meskipun penyakit ini masih ada pada masyarakat kita walaupun juga jarang ditemui, mengingan kualitas gizi masyarakat yang semakin membaik. Penyakit gondok seperti yang telah kita ketahui penyebab utamnya adalah karena kekurangan kadar yodium yang mengakibatkan penyakit gondok yang sifatnya endemik.

Selain kekurangan zat yodium gondok juga disebabkan gannguan pada kelenjar tiroid sehingga dalam hal ini tidak bisa mensekresikan hormon tiroid sesuai dengan kebutuhan tubuh yang ada.

Apa Gejala-Gejala Penyakit Gondok Tersebut ?
Gejala dan tanda-tanda awal penyakit gondok biasa terjadi pembengkaan kelenjar tiroid yang menyebabkan pembengkaan pada bagian leher pada kelenjar ludah, mulut akan terasa tegang dan nyeri, terutama ketika mengunyah dan menelan suatu makanan. Suhu badan meninggi, mual bahkan terjadi muntah berulang kali, dering terjadi dengungan pada telingga dan selera makan menjadi berkurang.

Jika terjadi pembengkakan menekan saluran pernapasan dan saluran pencernaan, maka akan menyebabkan sulit untuk bernapas dan juga susah menelan.

Bagaimana Mencegah dan Mengobati Penyakit Gondok ?
Untuk mencegah terjadinya penyakit gondok yang harus kita lakukan adalah selalu mengkonsumsi garam beryodium, dalam hal ini kita bisa mencampurkanya lewat sayuran atau makanan yang kita konsumsi setiap hari. Dengan sering mengkonsumsi garam beryodium sesuai aturan maka akan bisa mencegah penyakit gondok yang bersifat endemik.

Selain itu hindari pula jenis makanan yang dapat men gurangi terjadinya hormon tiroksin, seperti kol, bayam, kacang polong, kacang kedelai, kacang tanah, dan juga stroberi.

Untuk mengobati pen yakit gondok sebaiknya kita menggunakan ramuan herbal yang mana jenis pengobatan ini aman dari efek samping. Lalu apa saja jenis ramuan yang bisa dimanfaatkan dalam mengobati penyakit gondok ini? Kita bisa gunakan sambiloto, temu, daun dewa, juga benalu teh kering.

Obat Penyakit Gondok Tanpa Operasi :
Baik kita mulai dengan membuat ramuan obat penyakit gondok secara alami berikut :

1. Sediakan 30 gram benalu teh kering, dan dan 30 gram daun dewa segar.
Cuci sampai bersih semua bahan yang ada kemudian rebus dengan menggunakan 700 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu saring. Minumlah dua kali dalam sehari.

2. Sediakan bahan 30 gram temu, dan 10 gram sambiloto kering.
Cucilah hingga bersih semua bahan, selanjutnya rebus menggunakan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saja kemudian saring dan minumlah dua kali dalam sehari.

3. Sediakan bahan berupa 25 gram rumput laut che chai ( Porphyra tenera ) atau rumput laut hai tai/kun bu ( Laminaria japonica ). Setelah bahan dicuci selanjutnya masak menjadi sup. Setelah itu makanlah hingga habis betul.

4. Alternatif lain adalah dengan cara memakan atau mengkonsumsi kepiting atau jenis makanan laut yang telah dicampur dengan sedikit ganggang dan garam beryodium.

Demikian beberapa bahan yang bisa Superampuh.com sampaikan sebagai ramuan obat untuk penyakit gondok.

Perlu diperhatikan apabila penderita penyakit gondok ini selalu kelihatan gemetar, gelisah dan matanya menonjol ke luar, maka kondisi ini mungkin merupakan tanda jenis gondok yang berbahaya. Maka sebaiknya melalukan operasi adalah jalan terbaik, ketika penggunaan ramuan diatas gondok tidak kunjung kempis.Demikian sekulumit artikel yang berkaitan dengan penyakit gondok.